alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Usai Pemilu 2019, Wali Kota Semarang Rombak Susunan Pejabat

Taufik Budi
Usai Pemilu 2019, Wali Kota Semarang Rombak Susunan Pejabat
Wali Kota Semarang (kanan) merombak susunan pejabat pascapemilu 2019. FOTO/SINDO WEEKLY

SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendadak merombak jajaran pejabat Pemkot Semarang, menjelang waktu buka puasa, Jumat (17/5/2019) sore. Pelantikan berlangsung cepat dan tertutup di Gedung Moch Ikhsan, Lantai 8, Kantor Balai Kota Semarang.

Orang nomor satu di Kota Semarang itu melantik jajaran pejabat eselon 2 dan sebagian eselon 3. Menurutnya, pergantian jabatan merupakan hal rutin dan terbiasa di jajaran Pemkot Semarang. Dengan pergantian jabatan, diharapkan bisa memicu kreativitas pejabat di lingkungan baru.

"Ini (pelantikan) tour of duty, penyegaran, hal yang rutin. PNS yang sering menduduki jabatan yang sama perlu penyegaran. Tiga, empat tahun rolling, semakin lama PNS di situ, maka kreativitasnya akan semakin berkurang," ujar Hendi.



Politikus PDIP itu juga membantah pergantian jabatan ini sebagai bentuk terima kasih atas suksesnya perhelatan Pemilu pada 17 April 2019. Sekadar diketahui, ajang pemilihan anggota legislatif (pileg) maupun pemilihan presiden (pilpres) di Kota Semarang berjalan lancar dan damai.

"Jadi ini hal yang biasa, tujuan baiknya adalah temen-temen tetap semangat dan kreatif melayani masyarakat. Ya (wajah baru) ada camat dari sekcam. Kalau terima kasih, yang tak taruh mestinya Semarang Tengah dan Semarang Timur, ini kan Tembalang ke Semarang Barat," ujar Hendi.

Beberapa pejabat yang diganti di antaranya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Widoyono menjabat Asisten 2 Wali Kota Semarang, Litania dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM menjadi Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Endro yang menjabat Kepala Satpol PP menjadi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Sapto yang tadinya menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan kini sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Kemudian Bambang Suranggono yang menjabat Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) kini menjadi Kepala Dinas Koperasi, Staf Ahli Wali Kota Tri Supri kini menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Nana Storada yang tadinya merupakan Kepala Dishubkominfo kini menjadi Staf Ahli Wali Kota Semarang. M Khadik yang menjabat Kadishub kini menjadi Kadinas Pemberdayaan Perempuan.

Selanjutnya, Kepala Dinas Perdagangan Fajar Prawoto kini menjadi Kepala Satpol PP Kota Semarang, Adi Harmunanto yang terakhir menjabat sebagai Kepala  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk dan KB) menjadi Staf Ahli. M Gurun yang tadinya menjabat Kepala Dinpora kini menjabat sebagai Kepala Disdalduk.

Kemudian, di eselon 3, Heroe Soekendar yang merupakan Camat Tembalang menjadi Camat Semarang Barat. Kemudian Kusrin yang dulu menjabat Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tembalang, kini menjadi Camat Tembalang.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif