alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Perpustakaan UNS dan Internasional Office UNS Gelar Literasi Religi

Ary Wahyu Wibowo
Perpustakaan UNS dan Internasional Office UNS Gelar Literasi Religi
Literasi Religi bertajuk Libyan Day digelar Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bersama Internasional Office UNS. Foto/IST

SOLO - Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bersama Internasional Office UNS menggelar Literasi Religi bertajuk Libyan Day. Para mahasiswa muslim dari luar negeri yang kuliah di UNS berbagi cerita dan pengalaman dalam satu bingkai cerita literasi religi.

Literasi religi digelar di lobi perpustakaan UNS, selama dua hari mulai 16-17 Mei 2019. Kegiatan ini diharapkan agar para generasi muslim memiliki wawasan global mengenai literasi religi di bulan Ramadhan.

"Hal ini sebagai bentuk penguatan sumber daya manusia bidang religi untuk menyatukan visi, misi pendidikan bidang penguatan pendidikan karakter," kata Ketua UPT Perpustakaan UNS, Muhammad Rohmadi, Jumat (17/5/2019).



Salah satu wujud diskusi menghadirkan para mahasiswa luar negeri untuk yang tergabung dalam komunitas mahasiswa luar negeri. Dalam diskusi banyak memberikan motivasi dan inspirasi untuk saling bertoleransi antar generasi di Indonesia. Selain itu juga komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Serta sebagai wujud pengembangan literasi budaya dan kewarganegaraan bagi seluruh generasi muda di Indonesia.  

Sikap toleransi dalam bingkai kebhinekaan dan perbedaan di Indonesia dapat ditanamkan melalui sikap menghargai, kepedulian, dan kasih sayang melalui literasi religi.
"Kebersamaan dan kepedulian antar generasi dalam literasi religi memang harus dirawat dan dijaga untuk membentuk karakter generasi muda yang toleran, peduli, dan kasih sayang antar sesama," katanya.

Kepala UPT International Office UNS, M Taufik Al Makmun mengemukakan, para mahasiswa UNS diharapkan dapat banyak manfaat dalam kolaborasi literasi religi.

"Kegiatan literasi religi sekaligus akan menjadi bagian promosi dan branding UNS di dunia internasional untuk menarik para mahasiwa asing kuliah di UNS," kata M Taufik.  
Selain itu, literasi religi diharapkan memotivasi para pemustaka untuk terus berliterasi dengan rajin menulis dan membaca guna menyibak jendela dunia.



(amm)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif