alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Resep dan Cara Membuat Semur Telur Puyuh untuk Santap Sahur

Alviana Harmayani Masrifah
Resep dan Cara Membuat Semur Telur Puyuh untuk Santap Sahur
Sepiring nasi putih dengan semur telur puyuh akan membuat santap sahur semakin nikmat. Apalagi, semur telur puyuh pun gampang dibuat dan tidak merepotkan. Instagram/MasakTV

JAKARTA - Sebagian orang kerap bingung dengan menu sahur selama puasa Ramadhan. Banyak yang tidak berselera makan di pagi-pagi buta.

Tapi kali ini coba saja bikin semur telur puyuh. Meski sederhana, makanan ini terasa nikmat dan menggugah selera, apalagi saat disantap bersama sepiring nasi putih hangat.

Tak ada salahnya Anda membuat menu satu ini dan menghidangkannya untuk sahur bersama keluarga tercinta. Dikutip dari akun Instagram @masaktv, berikut resep membuat semur telur puyuh untuk santap sahur. (Baca juga: Roti Tawar Kuah Santan, Menu Buka Puasa Selain Kolak)



Bahan:
15 btr telur puyuh, rebus kupas
70 g jamur kuping
70 g jamur merang

Bahan bumbu:
100 ml air
2 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
2 siung bawang putih, iris tipis
5 buah bawang merah,ciris tipis
½ buah bawang bombai, iris tipis
2 btg daun bawang, iris bulat
1 cm jahe, iris tipis
1 lbr daun salam
3 cm lengkuas, iris tipis
3 cm jahe, iris tipis
2 lbr daun jeruk
4 buah cabai merah, iris miring
Lada
Garam
Gula
Minyak untuk menumis

Tambahan:
Bawang goreng

Cara membuat:
1. Siapkan semua bahan, jika menggunakan jamur kuping kering maka rendam dlu hingga empuk dan tiriskan. Panaskan minyak di penggorengan kemudian masukkan bawang merah dan putih, tumis hingga harum. Masukkan bawang bombay, tumis hingga layu. Masukkan jahe dan lengkuas. Tumis hingga mengeluarkan aroma dan masukkan daun jeruk, daun salam, kemudian masukkan jamur kuping dan jamur merang.

2. Tumis hingga aroma bawang meresap ke dalam jamur. Masukkan saus tiram, kecap manis, dan air. Masukkan telur puyuh rebus, lalu bumbui dengan lada, garam, dan gula. Aduk-aduk hingga meresap, kemudian masukkan daun bawang dan cabai merah. Aduk-aduk hingga rata dan meresap. Sajikan dengan taburan bawang goreng. Semur telur puyuh siap dihidangkan.



(amm)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif