Dua Orang Hilang Ditelan Gelombang Laut Selatan

Minggu, 06 Januari 2019 - 23:15 WIB
Dua Orang Hilang Ditelan Gelombang Laut Selatan
Tim SAR mencari korban tenggelam di Pantai Parangtritis, Bantul, Minggu (6/1/2019). FOTO/IST
A A A
BANTUL - Dalam sehari dua kecelakaan laut terjadi di kawasan Pantai Selatan Bantul, Minggu (6/1/2019). Hingga malam ini satu wisatawan dan satu nelayan belum berhasil ditemukan.

Dua kecelakaan itu terjadi hampir bersamaan sekitar pukul 13.30 WIB. Peristiwa pertama di Pantai Parangrtitis, Kretek dan Pantai Samas, Kretek, Bantul.

Di Pantai Parangtritis ada empat wisatawan yag terseret ganasnya ombak Pantai Selatan. Dua berhasil diselamatkan, sementara satu orang atas nama Rakmad Tri Prasetyo (20), warga Nglebak, Desa Munggur, Mojokedang, Karanganyar hilang.

Saksi mata yang juga rekan korban, Andi Prasetyo (29) kepada wartawan di Posko SAR Parangtritis menyebut korban adalah romongan Karang Taruna Taruna Abadi 04 yang sedang berdarma wisata. Mereka datang dengan naik bus bersama rombongan yang berjumlah 38 orang. "Sebelum ke Parangtritis kami ke Keraton dan Malioboro," jelasnya.

Sekitar pukul 13.00 WIB mereka tiba di Parangtritis. Di tempat ini mereka kemudian berenang. Korban bersama tiga rekannya yang lain yakni Malik Sadikin Nugroho (25), Saryono (20), dan Bambang Irawan (18) berenang terlalu ke tengah. Beberapa kali anggota SAR Parangtritis telah mengingatkan mereka tapi tidak diindahkan. Akibatnya saat datang ombak besar mereke keseret ke tengah. Beruntung petugas yang sigap berhasil menyelamatkan Malik, Saryono, dan Bambang. Namun sampai malam Andi belum berhasil ditemukan.

Sementara itu, kecelakaan kedua terjadi di Pantai Samas, Kretek yang jaraknya tidak begitu jauh dari Pantai Parangtritis. Kecelakaan menimpa perahu "Baru Mukti 5 yang dikemudikan Gareng (37), warga Temon, Kulonprogo dan anak buah kapal Yuli Faska (25), warga setempat

Menurut tokoh nelayan Samas, Mugari, awalnya perahu akan berlabuh usai melaut, namun sebelum menyentuh pantai datang ombak besar menghantam dan mengulingkan perahu. Melihat kejadian tersebut, warga yang ada di sekitar lokasi langsung memberi pertolongan.

Saat itu Tim SAR dan warga berhasil menyelamatkan Yuli Faska, tapoi Gareng hingga berita ini diturunkan belum berhasil ditemukan keberadaannya. "Yuli berhasil diselamatkam, sedangkan Gareng dinyatakan hilang," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.3016 seconds (0.1#10.140)