Cara Mudah Mengetahui Jadwal Salat dan Arah Kiblat dengan Google

Jum'at, 17 Mei 2019 - 12:15 WIB
Cara Mudah Mengetahui Jadwal Salat dan Arah Kiblat dengan Google
Google meluncurkan beberapa fitur yang mampu menunjang aktivitas selama bulan Ramadhan. Salah satunya adalah jadwal salat dan arah kiblat. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Untuk mendapatkan jadwal salat dan mencari arah kiblat yang tepat kini lebih mudah. Google meluncurkan beberapa fitur yang mampu menunjang aktivitas selama bulan Ramadhan.

Marketing Head Google Indonesia Veronica Utami mengatakan bahwa informasi yang mampu menunjang ibadah seperti jadwal salat dan arah kiblat menjadi yang paling banyak dicari pengguna selama bulan Ramadhan.

"Informasi yang menunjang ibadah seperti jadwal puasa, arah kiblat, kemudian juga zakat fitrah, menjadi keyword yang paling meningkat," ujarnya saat temu media di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Saat ini untuk menemukan arah kiblat dan jadwal salat lebih mudah melalui Google Search. Cukup dengan mengetik kata kunci Ramadhan seluruh pencarian akan muncul.

Pencarian untuk jadwal salat di Google kini menjadi lebih mudah dan cepat. Selain jadwal salat per hari, pengguna juga dapat melihat jadwal dalam 30 hari, mulai dari subuh hingga isya.

Selain itu, bagi pengguna yang sering berada dalam perjalanan atau sedang berada di tempat baru dan merasa bingggung mencari arah kiblat, kini Qiblat Finder hadir untuk mempermudah hal tersebut.

Menariknya, pencarian arah kiblat ini sudah menggunakan augmented reality (AR) di smartphone pengguna. Setelah memasukan kata kunci Ramadhan, pengguna akan diberikan pilihan Petunjuk Kiblat, klik item tersebut, dan pengguna akan memilih sedang berada di negara mana.

Kemudian pengguna cukup menggerakan kamera dan menemukan titik arah kiblat yang tepat. Pengguna juga dapat melihat berapa jarak dia berada dengan arah kabah.

"Augmented reality menggabungkan dunia maya dan dunia nyata dan dibantu dengan kamera smartphone kita," tandasnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8556 seconds (0.1#10.140)