alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sweeping Narkoba Pemicu Napi Bakar Lapas Langkat

M. Andi Yusri
Sweeping Narkoba Pemicu Napi Bakar Lapas Langkat
Jajaran Polres Langkat langsung melakukan sweeping di Kabupaten Langkat, Kamis sore (16/5/2019) menyusul pembakaran Lapas Narkotika Kelas III Langkat yang menyebabkan ratusan napi melarikan diri. FOTO/IST

LANGKAT - Kasus napi mengamuk kembali terjadi. Setelah sebelumnya ratusan napi di Rutan Siak mengamuk dan membakar rutan, kejadian serupa juga terjadi di Lapas Kelas III Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Penemuan narkotika saat dilakukan sweeping menjadi pemicu ratusan napi ricuh hingga berujung berontak dan membakar blok sel, Kamis (16/5/2019).

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Utara (Sumut), Dewa Putu Gede mengatakan, kericuhan yang terjadi di Lapas Kelas III Hinai Kabupaten Langkat itu diduga disebabkan tidak terimanya sweeping yang ditemukan narkoba dalam satu blok napi. Sehingga napi membuat perlawanan terhadap petugas Sipir.



"Informasinya ada perlawanan saat penangkapan narkoba. Awalnya Pegawai sedang melakukan sweeping dan ditemukan satu blok itu ada narkobanya. Begitu diambil narkobanya, napi melakukan perlawanan. Begitu aja laporan awalnya," ujarnya saat berada di Bandara Soekarno Hatta melalui sambungan telepon.

Dia menjelaskan akibat kejadian itu, Kanwil Kemenkumham Sumut telah berkoordinasi dengan Polda Sumut untuk melakukan pengamanan ketat di kawasan Lapas Kelas III tersebut. "Kami sudah koordinasi sama Pak Kapolda Sumut untuk melakukan penjagaan ketat dengan menurunkan personil kepolisian," jelasnya.

Akibat kejadian itu, ratusan napi berhamburan keluar dari dalam blok Lapas untuk menghindari kebakaran. "Di luar Lapas informasinya ada sekitar 500-an napi. Belum diketahui berapa napi yang kabur," paparnya. (Baca juga : Rutan Siak Dibakar Napi, Revitalisasi Dianggap Jargon Belaka)

Polisi Lakukan Sweeping di Perbatasan Langkat-Aceh
Jajaran Polres Langkat dibantu warga setempat langsung melakukan pengamanan dan sweeping di Kabupaten Langkat, Kamis sore (16/5/2019).

Sweeping juga dilakukan polisi bersenjata lengkap di sepanjang perbatasan Langkat dan Aceh. Karena berdasarkan laporan yang diterima SINDOnews, jumlah napi yang melarikan diri mencapai 200 orang.

"Ya Polres Langkat telah melakukan sweeping di Kabupaten Langkat dan mengamankan wilayah perbatasan Langkat dengan Provinsi Aceh, " kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja saat dihubungi SINDOnews, Kamis (16/5/2019). Menurut Kabid Humas, Jajaran Polres Langkat juga telah melakukan pengamanan di Lapas yang diduga dibakar tersebut.

Sementara itu diperoleh kabar jika sejumlah para sipir di lapas tersebut dengan dibantu warga setempat telah berhasil mengamankan beberapa tahanan/narapidana yang kabur. Namun hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya sehingga para tanahan/narapidana tersebut melakukan pembakaran.



(nun)

loading...