alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jumlah Penumpang Kapal Tak Boleh Lebihi Manifes

Ahmad Antoni
Jumlah Penumpang Kapal Tak Boleh Lebihi Manifes
Dirpolair Polda Jateng, Kombes Pol Risnanto saat mengecek kesiapan angkutan mudik jalur laut di pelabuhan Kendal, Kamis (16/5/2019). FOTO /SINDOnews/Ahmad Antoni

SEMARANG - Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Jateng bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas melakukan patroli dalam rangka pengecekan angkutan mudik jalur laut dari pelabuhan Tanjung Emas dengan menggunakan KP Puyuh menuju pelabuhan Kendal, Jawa Tengah, Kamis (16/5/2019).

“Mulai dari kemarin (Kamis,15/5/2019) kita melaksanakan patroli terkait kesiapan angkutan laut di pelabuhan Jepara. Hari ini kita di pelabuhan Kendal dan mengecek kesiapannya dan Alhamdulillah sudah siap,” kata Dirpolair Polda Jateng, Kombel Pol Risnanto.

Namun demikian, Ia menyampaikan ada beberapa yang patut menjadi perhatian. “Pertama, saya minta jumlah penumpang tak melebihi manifes, tidak ada overload jumlah penumpang yang ada,” pintanya.



Kemudian, yang kedua adalah kecukupan life jacket (jaket pelampung) tak hanya untuk penumpang dewasa tapi juga perlu diperhatikan life jacket untuk anak-anak. “Jika terjadi sesuai tidak mungkin life jaket kurang dipakai anak-anak,” ujarnya.

Dan ketiga, lanjut dia, pelabuhan hendaknya dilengkapi dengan metal detector. “Semestinya di pelabuhan ada metal detector. Jika tidak ada, harus ada keberanian petugas untuk menggeledah secara manual, fisik dari orang-orang yang dicurigai akan naik ke kapal sehingga penumpangnya merasa aman dan nyaman naik di kapal,” harapannya.



(nun)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif