alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pencurian Rp505 Juta Modus Kempis Ban Terungkap, Tiga Orang Ditangkap

INews.id
Pencurian Rp505 Juta Modus Kempis Ban Terungkap, Tiga Orang Ditangkap
Polres Kulonprogo mengungkap kasus pencurian dengan modus kempis ban mobil di wilayahnya. Foto/iNews.id/Kuntadi

KULONPROGO - Tiga pelaku kejahatan dengan modus kempis ban berhasil diamankan Polres Kulonprogo. Sementara dua pelaku lainnya masih buron.

Mereka yang diamankan adalah Har (40), Ben (41), dan Fir (29) yang semuanya merupakan warga Kota Palembang, Sumatera Selatan. Dua tersangka yakni, Tar (45) dan Wan (42) dinyatakan sebagai daftar pencarian orang (DPO).

"Kita amankan mereka di sebuah wisma di Pemalang, Jawa Tengah," kata Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution di Mapolres Kulonprogo, Kamis (16/5/2019).



Penangkapan dilakukan mendasarkan dari hasil penyelidikan yang dilakukan petugas Satreskrim. Berbekal informasi, rekaman CCTV dan beberapa alat bukti lain, mengarah kepada keterlibatan para pelaku.

Petugas yang memburu para pelaku cukup kesulitan karena mereka kabur ke tempat asal mereka di Palembang. Hingga akhirnya ada informasi mereka berkumpul kembali di Pemalang, dan akan kembali berencana melakukan aksinya kembali.

"Saat itulah petugas langsung melakukan penangkapan bekerja sama dengan Polda DIY dan juga Polres Pemalang," ujar dia.

Sebelumnya, kasus pencurian di Kabupaten Kulonprogo, DIY menimpa korban yang juga juragan semut rangrang, Kusman (43), warga Dusun Suruhan, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih. Dia menderita kerugian Rp500 juta.

Kasus pencurian ini terjadi di kawasan selatan simpang kereta barat Wates. Saat itu, mobil Mitsubishi Pajero dengan Nopol AB 605 IH berhenti di depan SD Kanisius Wates lantaran kondisi ban kempis.

Pengemudi yang keluar langsung mengecek ban belakang kiri yang bocor. Melihat kondisi ini, korban mengeluarkan dongkrak untuk mengganti ban.

Tidak lama berselang, ada seorang laki-laki yang berjalan dari barat ke timur. Lelaki ini berhenti di depan SD Kanisius dan sepertinya menelepon seseorang.

Tidak berapa lama, pelaku langsung membuka pintu mobil korban dan mengambil tas. Selanjutnya, ada pengendara sepeda motor datang dan memboncengkan pelaku.



(amm)

loading...