alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

5,6 Juta Pemudik Mobil Pribadi Bakal Padati Tol Trans Jawa dan Pantura

Ahmad Antoni, Taufik Budi
5,6 Juta Pemudik Mobil Pribadi Bakal Padati Tol Trans Jawa dan Pantura
Sebanyak 5,6 juta pemudik menggunakan mobil pribadi diprediksi menggunakan tol Trans Jawa dan jalur pantura. FOTO/DOK.SINDOphoto

SEMARANG - Jumlah pemudik Lebaran Idul Fitri 1440 H yang masuk Jawa Tengah diprediksi meningkat 16% dari tahun sebelumnya atau sekitar 8,6 juta orang. Dari jumlah itu, sebanyak 5,6 juta adalah pemudik menggunakan mobil pribadi melalui tol Trans Jawa dan jalur pantura.

"Dari 5,6 juta mobil itu, diprediksikan akan menggunakan jalan tol sebanyak 40%. Ini data dari Litbang Kementerian Perhubungan, sehingga harus dilakukan antisipasi," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jateng Satriyo Hidayat, Kamis (16/5/2019).

Selain mengantisipasi kemacetan di pintu-pintu tol dan exit tol, berbagai upaya dilakukan untuk mendukung kelancaran pemudik yang melintas melalui jalan tol tahun ini. Salah satunya adalah dengan penyediaan tempat pengisian bahan bakar minyak yang tersebar di sepanjang jalur tol itu.



"Pada arus balik tahun ini, di ruas tol Jateng sudah tersedia sembilan kios BBM, dua SPBU permanen dan satu SPBU modular. Diharapkan dengan keberadaan pengisian BBM itu, pemudik tidak sampai kehabisan bahan bakar di jalanan," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mewanti-wanti kemacetan di jalur tol Trans Jawa. Dirinya mencatat, setidaknya ada tujuh pintu keluar jalan bebas hambatan di Jawa Tengah rawan terjadi kemacetan pada arus mudik Lebaran Idul Fitri nanti.

"Untuk exit tol, titik rawan kemacetan berada di pintu exit tol Pejagan, Pemalang, Banyumanik, Salatiga, Tingkir, Boyolali, dan Kartosuro. Exit tol ini jalur alternatif kita berikan. Mudah-mudahan temen-temen di kabupaten membantu," kata Ganjar.



(amm)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif