Deteksi Virus Monkeypox, Bandara Adi Soemarmo Pasang Thermal Scanner

Kamis, 16 Mei 2019 - 16:55 WIB
Deteksi Virus Monkeypox, Bandara Adi Soemarmo Pasang Thermal Scanner
Alat thermal scanner yang dipasang di ruang kedatangan internasional Bandara Adi Soemarmo Solo. Foto/IST
A A A
SOLO - Pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo memasang alat thermal scanner guna mengantisipasi masuknya virus cacar monyet atau monkeypox . Alat pemantau suhu tersebut diletakkan di ruang kedatangan internasional.

Humas Bandara Adi Soemarmo Solo Danar Dewi mengatakan, munculnya virus monkeypox di Singapura membuat Indonesia sebagai negara tetangga harus waspada. Termasuk di Bandara Adi Soemarmo meski saat ini belum ada rute Solo-Singapura.

"Tapi kami tetap harus waspada, di antaranya dengan memasang thermal scanner di ruang kedatangan internasional," kata Danar Dewi, Kamis (16/5/2019). (Baca Juga: Warga Nigeria di Singapura Terinfeksi Virus Monkeypox)

Dengan alat tersebut, maka suhu tubuh penumpang akan terdeteksi. Jika suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius, maka alat akan berbunyi. Selanjutnya, penumpang tersebut akan dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan rumah sakit rujukan adalah RSUD Dr Moewardi Solo.

Namun sejauh ini, belum ada penumpang yang terdeteksi atau terindikasi kena cacar monyet. Para penumpang di Bandara Adi Soemarmo yang berangkat atau datang dari luar negeri kebanyakan adalah jamaah umrah. (Baca Juga: Sejarah Virus Monkeypox yang Baru Muncul di Singapura)

Deteksi Virus Monkeypox, Bandara Adi Soemarmo Pasang Thermal Scanner
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0132 seconds (0.1#10.140)