Polda DIY Tahan 6 Provokator Kericuhan Pertandingan PSS vs Arema

Kamis, 16 Mei 2019 - 11:31 WIB
Polda DIY Tahan 6 Provokator Kericuhan Pertandingan PSS vs Arema
Pertandingan perdana Liga 1 2019 antara PSS Sleman dan Arema FC sempat rusuh. Polda DIY menangkap enam orang yang diduga sebagai provokator. FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
SLEMAN - Polda DIY mengamankan 6 orang terduga provokasi kericuhan saat laga pembuka Liga 1 2019 antara PSS Sleman dan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Rabu (15/5/2019) malam. Mereka saat ini di tahan di Mapolda DIY untuk proses pemeriksaan.

"Enam orang yang diamankan itu karena memprovokasi melakukan pelemparan botol sehingga menyebabkan yang lainya memjadi ikut-ikutan dan akhirnya kondisi memanas," kata Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, Kamis (16/5/2019).

Dofiri menjelaskan, awal terjadinya kericuhan yakni ada yang melempar botol, kemudian diikuti penonton lainnya dan akhirnya terjadi lempar-lemparan botol. Bukan itu saja karena botol sudah habis akhirnya melempar benda-benda yang bisa dilempar, termasuk pecahan keramik ikut dilempar. (Baca Juga: Penonton Ricuh, Pertandingan PSS vs Arema Sempat Dihentikan)

Akibat pelemparan itu menyebabkan 20 orang mengalami luka. Seperti benjol dan tergores terkena benda yang dilempar. Namun Dofiri belum bisa memberikan keterangan enam orang yang diamankan dari kelompok mana.

"Yang jelas enam orang itu diduga sebagai provokasi pelemparan dan sekarang masih dalam pemeriksaan, sehingga statusnya masih terperiksa. Termasuk kemungkinan dari hasil pemeriksaan bisa bertambah lagi yang diperiksa," ungkapnya.

Dofiri menambahkan, sebenarnya pada awalnya pertandingan berjalan aman dan lancar. Termasuk ada penyambutan suporter Arema di Prambanan dan di dalam stadion. Polda juga sudah mengantisipasi pertandingan tersebut dengan menyiapkan sekitar 1.000 personel gabungan TNI-Polri. Terbukti saat ada yang memprovokasi segera bisa diatasi dan pertandingan yang sempat terhenti sekitar 30 menit bisa dilanjutkan lagi hingga selesai aman dan lancar.

"Hanya saat pulangnya agak tersendat karena bertemunya suporter yang mau keluar dalam waktu bersamaan. Sehingga ada yang ditahan agar tidak keluar dulu. Tapi setelah itu kembali lancar," katanya. (Baca Juga: Hajar Arema FC 3-1, PSS Sleman Awali Musim Liga dengan Meyakinkan)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3371 seconds (0.1#10.140)