Nikmatnya Santap Buka Puasa di Resto Mak Semarangan

Kamis, 16 Mei 2019 - 10:30 WIB
Nikmatnya Santap Buka Puasa di Resto Mak Semarangan
Mak Semarangan tidak hanya menawarkan kuliner Kota Pelajar, namun juga sajian khas Jawa pesisir utara alias Semarang. Foto/Instagram @maksemarangan
A A A
SLEMAN - Ada satu tempat kuliner menarik di Yogyakarta. Namanya Mak Semarangan. Berlokasi di Jalan Monjali, rumah makan ini tak sekadar menawarkan kuliner Kota Pelajar, namun juga sajian khas Jawa pesisir utara alias Semarang.

Dikutip dari Traveling Yuk, resto unik ini menyajikan beragam masakan ala Jawa pesisir utara dengan rasa yang benar-benar juara. Mak Semarangan buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 23.00 WIB.

Cocok menjadi tempat andalan untuk berbuka puasa. Mengedepankan masakan khas Jawa sebagai unggulan, resto ini menawarkan beragam varian sajian dengan harga terjangkau.

Mak Semarangan memiliki empat lantai. Beberapa ruang makan di sini mengusung konsep berbeda. Lantai dua dihiasi nuansa vintage tradisional. Dekorasinya didominasi benda-benda jadul serta antik.

Suasananya terkesan adem dan tenang, apalagi ditemani dengan lantunan lagu-lagu syahdu.Berbeda dengan lantai dua, lantai tiga mengusung gaya modern. Pencahayaan di sini lebih terang.

Interiornya juga terkesan kekinian dan tampak keren. Di beberapa sudut tampak dekorasi berupa action figure sejumlah karakter fiksi terkenal. Sentuhan tersebut membuat ruangan di sini terlihat semakin menarik.

Naik ke lantai empat, terdapat area yang tak kalah menarik. Konsep yang diusung di sini adalah minimalis. Salah satu dindingnya dihiasi gambar superhero Marvel dan DC Comics.

Meski tidak begitu luas, lantai ini terbilang nyaman untuk bersantap ramai-ramai bersama keluarga atau teman.Sesuai namanya, Mak Semarangan menyajikan beragam menu masakan khas Jawa pesisir utara. Pengunjung bisa memilih beragam makanan berat, cemilan, dessert, hingga aneka minuman.

Untuk makanan berat, pengunjung bisa mencicipi kuliner Jawa yang menggugah selera seperti nasi asem-asem daging sapi, nasi garang asem, nasi babat gongso, lontong opor, atau nasi ayam semarangan.

Salah satu menu yang menarik untuk dicoba adalah lontong tahu telur khas Mak Semarangan. Seporsinya disajikan dengan beragam isian, mulai dari lontong, telur dadar, tahu, aneka sayuran, serta taburan kacang goreng. Rasanya kian nikmat dengan siraman saus kacangnya. Harganya sangat terjangkau yaitu Rp20 ribu.

Makanan lainnya, pengunjung bisa mencoba pesan aneka menu seperti siomay, tahu goreng petis, atau lumpia. Namun satu yang pantang dilewatkan adalah lumpia khas Semarang yang terdiri dari rebung, telur, ayam, dan udang. Rasanya tak kalah enak dengan lumpia di Semarang. Disajikan dengan saus dan acar, satu porsi dibanderol seharga Rp12.500.

Jika sedang ingin makan yang manis-manis, Anda bisa mencoba ketan ala Mak Semarangan. Pilihan rasanya cukup beragam, mulai dari ketan susu, keju, cokelat, hingga durian. Harga per porsinya dibanderol antara Rp12 ribu hingga Rp20 ribu.

Jika tak suka ketan, ada juga brownies, pisang panir cokelat, pai, atau es krim. Selain menyajikan menu tradisional Jawa, Mak Semarangan juga menjajakan menu western dan aneka pastry menggoda selera. Salah satunya adalah Portuguese egg tart, yang bisa dijadikan buah tangan.

Egg tart ini merupakan pertama yang ada di Yogyakarta dan kini dikenal sebagai oleh-oleh khas dari Mak Semarangan. Per potongnya dibanderol Rp7.000 atau pengunjung juga bisa membeli satu box dengan isi enam potong. Semua egg tart dijual dalam kondisi fresh, langsung matang dari oven di hari yang sama.

Tak hanya sekedar resto, pengunjung akan menemukan ruangan galeri di lantai dua. Di sini pengunjung bisa membeli kain, baju, dan tas serba batik yang bisa jadi alternatif buah tangan. Asyiknya lagi, area ini juga dilengkapi playground.

Sangat membantu, terutama untuk pengunjung yang membawa anak kecil.Selain menawarkan menu lezat dan tempat nyaman, Mak Semarangan juga memiliki beberapa spot foto Instagenic. Sangat keren dijadikan sebagai latar belakang berpose dan kerap jadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Salah satunya spot Teddy Bear di lantai tiga.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0443 seconds (0.1#10.140)