alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Resep dan Cara Membuat Martabak Telur untuk Buka Puasa

Diana Rafikasari
Resep dan Cara Membuat Martabak Telur untuk Buka Puasa
Martabak telur menjadi menu gorengan yang favorit untuk berbuka puasa. FOTO/IST/RUMAHMESIN

JAKARTA - Tidak hanya kurma, buka puasa di Indonesia juga identik dengan gorengan. Tahu, tempe, bakwan, hingga martabak telur menjadi menu favorit untuk membatalkan puasa. Agar semakin terasa nikmat, biasanya disantap bersama cabai atau saus.

Dibandingkan membeli yang kebersihannya belum tentu terjaga, sebaiknya buat sendiri di rumah. Anda bisa menyesuaikannya dengan selera. Berikut resep membuat martabak telur untuk takjil buka puasa seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv. (Baca juga: Resep dan Cara Membuat Ayam Kemangi untuk Berbuka atau Sahur)

Bahan:
150 g daging sapi cincang
4 btr telur bebek atau telur ayam
1 sdt pasta kari
1/2 siung bawang bombay
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Daun bawang
Kulit lumpia
Garam
Lada



Cara membuat:
1. Iris bawang merah, bawang putih dan daun bawang. Tumis bawang putih, bawang merah sampai layu. Masukkan daging sapi cincang. Masukkan pasta kari, aduk. Campurkan bawang bombay, daun bawang dan 4 butir telur. Kocok lalu beri garam dan lada. Masukkan daging, aduk kembali hingga semua isian martabak tercampur.

2. Untuk lem martabak, bisa menggunakan air dengan tepung sagu sedikit, bisa menggunakan telur ataupun hanya dengan air. Masukkan isian martabak ke dalam kulit lumpia lalu lipat. Panaskan minyak dan goreng martabak hingga coklat keemasan pada dua sisi martabak. Angkat dan tiriskan. Martabak telur siap dihidangkan.



(amm)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif