Pantau Arus Mudik, Polda Jateng Pasang 75 CCTV di Tol Batang-Semarang

Rabu, 15 Mei 2019 - 14:15 WIB
Pantau Arus Mudik, Polda Jateng Pasang 75 CCTV di Tol Batang-Semarang
Polda Jateng memasang 75 kamera CCTV di jalan tol Batang-Semarang untuk memantau arus mudik Lebaran 2019. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Polda Jawa Tengah memasang 75 Kamera Closed Circuit Television (CCTV) di sepanjang jalan tol Batang-Semarang . Kamera tersembunyi ini akan digunakan untuk mematau lalu lintas saat arus mudik 2019.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, seluruh kamera CCTV akan mulai aktif sejak 26 Mei 2019. Sebelumnya, pada 24 Mei Polda akan melakukan simulasi pemantauan lalu lintas melalui CCTV ini.

"Pemasangan kamera CCTV ini, selain untuk memantau lalu lintas juga untuk meningkatkan pengamanan selama arus mudik dan meningkatkan respons kepolisian terhadap kejadian selama arus mudik," kata Kapolda, Rabu (15/5/2019).(Baca Juga: Polda Jateng Bersiap Simulasi Ruas Tol Satu Arah saat Arus Mudik)

Selain memasang kamera CCTV, Polda juga menempatkan anggota di tiap jalur yang akan digunakan untuk arus mudik. Anggota dari Mabes Polri dan Mapolda Jateng akan melakukan pengamanan di jalan tol, sedangkan anggota dari Polres ditempatkan di jalur pantura dan jalur perkotaan dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

Sejumlah titik rawan kemacetan di jalur pantura, khususnya di pasar tumpah juga akan dilakukan antisipasi. Seperti di Pasar Cepiring, Kendal, Kapolda meminta kepada Polres Kendal untuk melakukan kanalisasi.

"Kanalisasi dilakukan dengan membentuk sistem pengaturan lalu lintas agar arus lalu lintas menjadi maksimal," ujar Kapolda. (Baca Juga: Tol Cikampek hingga Brebes Terapkan Sistem Satu Arah saat Arus Mudik)

Di Kabupaten Kendal, ada tiga titik pasar tumpah yakni Pasar Weleri, Pasar Cepiring, dan Pasar Kaliwungu. Untuk Pasar Weleri dan Pasar Kaliwungu dapat diantisipasi dengan memaksimalkan jalan lingkar. Selain pasar tumpah, pintu keluar tol yakni di Weleri dan Kaliwungu juga menjadi titik kemacetan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2633 seconds (0.1#10.140)