Belasan Caleg dan Timses Gagal Dirawat di Klinik Jiwa Purbalingga

Rabu, 15 Mei 2019 - 13:26 WIB
Belasan Caleg dan Timses Gagal Dirawat di Klinik Jiwa Purbalingga
Klinik Utama Jiwa Mustajab di Desa Bungkanel, Purbalingga merawat belasan caleg yang gagal pada Pemilu 2019. Foto/iNews.id/Heri Susanto
A A A
PURBALINGGA - Belasan calon anggota legislatif (caleg) dan anggota tim sukses (timses) yang bertarung dalam Pemilu 2019 menjalani perawatan di Klinik Utama Jiwa Desa Bungkanel, Purbalingga.

Mereka dirawat di panti karena mengalami depresi setelah gagal terpilih menjadi anggota Dewan. Para pasien yang menjalani perawatan pemulihan jiwa ini berasal dari berbagai wilayah di Tanah Air.

Pengelola Panti Rehabilitasi Jiwa Purbalingga, Supono Mustajab mengatakan, saat ini ada 17 pasien yang terdiri atas caleg dan anggota tim sukses yang menjalani perawatan. "Dari 17 pasien yang dirawat ini, 12 orang di antaranya merupakan caleg dan lima orang anggota tim sukses," katanya, Selasa (14/5/2019).

Dia mengatakan, belasan pasien jiwa itu saat ini menjalani perawatan intensif di sejumlah ruang perawatan untuk pemulihan kejiwaannya. Di panti rehabilitasi pemulihan mental ini, para pasien menempati belasan kamar perawatan yang terdiri atas ruang biasa dan ruang VIP.

"Rata-rata setiap pasien menjalani perawatan pemulihan jiwa hingga sepekan, tergantung tingkat depresi yang diderita pasien," ucapnya.

Dia menuturkan, dalam penyembuhan pasien depresi ini menggunakan metode pengobatan medis serta menjalani pemulihan secara spiritual. Selama menjalani proses penyembuhan, pasien depresi didampingi dua perawat dan dokter.

"Rata-rata pasien caleg yang gagal terpilih menjadi anggota Dewan ini mengalami depresi karena shock mengetahui perolehan suara mereka tidak sesuai yang diharapkan. Padahal, mereka sudah mengeluarkan biaya cukup besar dari ratusan juta hingga miliaran rupiah," beber Supono.

Panti Rehabilitasi Jiwa di Desa Bungkanel memang menjadi rujukan pasien gangguan jiwa. Sejak 10 tahun terakhir, panti ini telah merawat 30 caleg yang mengalami depresi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1272 seconds (0.1#10.140)