alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

40 Pemuda Sleman Dapat Pelatihan Kewirausahaan Batik

Priyo Setyawan
40 Pemuda Sleman Dapat Pelatihan Kewirausahaan Batik
Pemkab Sleman memberikan pelatihan kewirausahaan batik Foto/Ilustrasi

SLEMAN - Pemkab Sleman selama dua minggu, yaitu mulai 14 Mei-28 Mei 2019 memberikan pelatihan kewirausahaan batik kepada 40 pemuda Sleman di Gedung Graha Pramuka Gawar, Pendowoharjo, Sleman. Mereka berasal dari organisasi kepemudaan, karang taruna, pemuda kampung, dan pelajar SMK di Sleman.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sleman Agung Armawanta mengatakan selain untuk meningkatka kapasitas para pemuda, pelatihan ini juga untuk menumbuhkan kemandirian generasi muda. Sebagai tindak lanjutnya, maka setelah pelatihan, para peserta tetap akan mendapatkan pendampingan dan pembinaan, seperti pemasaran, termasuk bagaimana menjalin relasi atau hubungan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

“Jadi kegiatan ini berkelanjutan, tidak hanya berhenti pasca pelatihan selesai,” kata Agung soal kegiatan tersebut, Selasa (14/5/2019).



Agung menjelaskan karena pelatihan tersebut untuk mewujudkan bibit-bibit unggul dalam berwirausaha di Sleman, terutama kerajinan batik. Sehingga dengan bekal yang mereka dapatkan dari pelatihan ini akan mengantarkannya menjadi penguasa yang sukses dan jika ada yang gagal tetap tidak patah semangat. Namun terus berusaha termasuk dapat membangun jaringan.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sleman Savitri Nurmala Devi menambahkan untuk pelatihan ini peserta dibagi menjadi empat kelompok. Masing-masing terdiri dari 10 orang. Materi pelatihan sendiri tentang pengenalan batik, menggambar pola, menggambar desain motif batik, memola desain di kain, membatik, pewarnaan, dan menghitung harga pokok penjualan (hpp).



(mif)

loading...