Petugas Amankan Puluhan Bungkus Makanan dan Minuman Kedaluarsa

Selasa, 14 Mei 2019 - 15:54 WIB
Petugas Amankan Puluhan Bungkus Makanan dan Minuman Kedaluarsa
Petugas Satpol PP Kota Salatiga saat memeriksa makanan yang dijual di salah satu kios di Pasar Raya I Salatiga, Selasa (14/5/2019). Foto/IST
A A A
SALATIGA - Tim penertiban Kota Salatiga yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Salatiga menggelar operasi makanan dan minuman yang tidak memenuhi syarat kesehatan atau tidak layak konsumsi di pasar tradisional, Selasa (14/5/2019). Hasilnya, petugas menemukan puluhan bungkus makanan dan minuman kedaluarsa yang masih dijajakan oleh beberapa pedagang.

Selain itu, petugas juga menemukan sejumlah bungkus makanan dengan kemasan rusak. Makanan dan minuman yang kadaluarsa kemudian diamankan oleh petugas agar tidak dijual ke konsumen.

"Kegiatan digelar untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dari peredaran makanan atau minuman yang tidak memenuhi syarat kesehatan, kadaluarsa, kemasan atau isinya rusak yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan," kata Kabid Penegakan Perda (Gakda) pada Satpol PP Kota Salatiga Andi Priantoro.

Dia mengimbau kepada pengelola toko atau warung yang menjual makanan atau minuman kemasan untuk selalu melakukan pengecekan tanggal kadaluarsa produk yang dijual dan juga pada kondisi kemasan produk.

"Jadi untuk mengetahui apakah kemasannya masih bagus atau rusak harus dicek secara berkala. Untuk produk yang kadaluarsa mohon disendirikan dan tidak dijual kepada masyarakat," ujarnya.

Andi juga mengimbau kepada masyarakat untuk cermat dalam membeli bahan makanan atau minuman. "Untuk konsumen mohon untuk selalu cek tanggal kadaluarsa, jangan membeli produk makanan atau minuman yang kemasannya rusak dan jangan tergiur dengan harga murah," ucapnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0995 seconds (0.1#10.140)