alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Berebut Raja Turnamen Bergengsi antara Federer, Djokovic dan Nadal

Andryanto Wisnuwidodo
Berebut Raja Turnamen Bergengsi antara Federer, Djokovic dan Nadal
Federer, Djokovic, Nadal, Adu Cepat Jadi Raja Gelar Bergengsi/ATP

ROMA - Top 3 petenis tunggal putra papan atas dunia, Roger Federer, Novak Djokovic, Rafael Nadal terlibat persaingan seru untuk menjadi raja gelar turnamen prestisius. Untuk saat ini, Federer masih menjadi raja gelar dengan koleksi 54 trofi juara prestisius, kombinasi Grand Slam, ATP Masters, dan ATP Final.

Koleksi 54 trofi Federer terdiri atas 20 gelar Grand Slam, enam ATP Finals, dan 28 ATP Masters 1000. Djokovic terus mengejar dengan total 53 gelar terdiri atas 15 kali juara Grand Slam, lima ATP Finals, dan 33 ATP Masters 1000. Nadal di posisi ketiga dengan raihan 17 trofi Grand Slam, dan 33 ATP Msters 1000. Nadal tercatat belum sekalipun juara ATP Finals.

Trofi ke-53 yang diraih Djokovic ketika menjuarai Madrid Open, pekan lalu. Sukses itu sekaligus mengantarkan Djokovic mencetak sejarah meraih gelar ke-33 di ATP Masters 1000. Djokovic menyamai rekor Nadal yang juga mengoleksi 33 gelar ATP Masters 1000.



Ini kali pertama Djokovic dan Nadal sama-sama berada di puncak raihan 33 gelar ATP Masters 1000 sejak Monte-Carlo tahun lalu. Ketika itu, Nadal meraih gelar ke-31.Nadal berada di posisi ketiga sebagai kolektor gelar bergengsi dengan 50 trofi.

Nah, pekan ini, di Turnamen Internazionali BNL d’Italia di Roma, ketiga petenis tersebut kembali terlibat persaingan untuk menambah koleksi trofi bergengsi. Djokovic yang empat kali juara di Roma, berpeluang sebagai petenis pertama yang meraih gelar ATP Masters 1000 untuk ke-34. Namun, Djokovic harus bekerja keras. Pasalnya, Nadal juga berpeluang juara di Roma.

Di babak pertama Roma Masters, Djokovic, Nadal, dan Federer sama-sama langsung lolos ke babak kedua setelah mendapat bye. Dariketiga petenis tersebut, Federer akan mendapat lawan sangat tangguh di babak kedua. Dia harus bertemu rival barunya, Dominic Thiem.

Djokovic akan menghadapi petenis Kanada, Denis Shapovalov yang menaklukkan Pablo Carreno Busta di babak pertama dengan straight set, 6-3, 7-6(5). Di laga lain, Nadal malayani tantangan pemenang pertandingan antara petenis Prancis, Richard Gasquets dengan rekan senegaranya, Jeremy Chardy.

Komparasi Rekor Gelar

Grand Slam--ATP Finals--ATP Masters 1000

1. Roger Federer 20--6--28

2. Novak Djokovic 15--5--33

3. Rafael Nadal 17--0--33



(mif)

loading...