Semua Prajurit TNI Diminta Bertindak Cepat dan Tepat Tangani COVID-19

Kamis, 28 Mei 2020 - 08:15 WIB
loading...
Semua Prajurit TNI Diminta Bertindak Cepat dan Tepat Tangani COVID-19
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi lankasanakn kunjungan kerja di wilayah Pemalang . Foto: Dok Pendam IV/Diponegoro.
A A A
PEMALANG - Pangdam IV/Diponegoro , Mayjend TNI Mochamad Effendi dan Kapolda Jateng Irjen Pol Achmad Luthfi melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Pemalang dalam rangka Simulasi TFG (Tactical Floor Game) Tentang Pengamanan Kontinjensi Aman Nusa II Penanganan COVID-19 di gedung serba guna Wanarejan Utara, Taman, Pemalang,(27/05/2020)

Pangdam menyampaikan bahwa pandemi COVID-19 belum selesai sehingga protokol kesehatan tetap diterapkan dengan Ketat, maka sangat perlu dilaksanakan kegiatan-kegiatan pencegahan penularan virus corona tersebut.

"Seperti yang dilaksanakan simulasi TFG. ini adalah pelatihan standart penangan COVID-19, dalam hal ini seluruh pihak baik TNI, Polri, Pemerintah Provinsi dan Kota serta kabupaten turut terlibat dalam Operasi Aman Nusa ll 2020," kata Mayjen Effendi.(Baca juga : Update Corona DIY: Tambah Dua, Pasien Positif 228 Orang )

Pangdam meminta kepada seluruh TNI yang ada di wilayah eks karesidenan Pekalongan diharapkan apabila diminta untuk membantu Polres maka harus segera bertindak cepat dan tepat untuk mengantisipasi segala sesuatu yang terjadi,

"Kita harus bisa mengklasterkan apabila ada salah satu warga yang terinveksi virus COVID - 19 sehingga tidak terjadi status merah 1," tandasnya.(Baca juga : Sambut New Normal, Pemkot Semarang Kebut Rapid Test )

Ia menambatkan, kepada dinas kesehatan ataupun tim gugus tugas COVID-19 di wilayah untuk sedapatnya mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penanganan virus corona baik itu petugas maupun alat peralatanya, sesuai apa yang di sampaikan oleh Presiden RI bahwa pandemi COVID-19 diprediksi belum akan selesai dalam waktu dekat.

"Untuk itu kita harus dapat menekankan bagaimana SOP penaggulangan penyebaran virus COVID-19 kepada masyarakat," tegasnya. (Baca juga: Pasangan Lansia Miskin di Pekalongan Tidur Bareng Ayam Peliharaan )

Pangdam juga menghimbau kepada Bupati agar sedapat mungkin memerankan seluruh instansi yang ada untuk dapat mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat tentang bahaya dan pencegahan COVID-19 di wilayahnya masing- masing.

Pangdam menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan Simulasi TFG sebagai langkah awal pengendalian dan memetakan status dari masing - masing wilayah serta langkah -langkah dalam rangka meminimalisir penyebaran virus COVID-19.

Diharapkan, Polres Pemalang melakukan pendataan-pendataan terkait jumlah rumah sakit jumlah apotik jumlah tenaga medis serta jumlah alat peralatan guna mendukung dalam pelaksanaan penangan COVID-19.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)