Bupati Batang Minta Warga Tak Takut Hadapi Hidup New Normal

Rabu, 27 Mei 2020 - 22:00 WIB
loading...
Bupati Batang Minta Warga Tak Takut Hadapi Hidup New Normal
Bupati Batang Wihaji dan Kepala Dinas Kesehatan Batang Mukhlasin di Rumah Dinas Jabatan Bupati. FOTO/IST
A A A
BATANG - Bupati Batang Wihaji mengajak masyarakat berdamai dengan virus corona jenis baru, COVID-19 dengan menganggapnya biasa saja. Warga tidak perlu takut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Warga Batang harus dibiasakan pakai masker, jaga jarak atau physical distancing tapi tidak boleh takut dan ceroboh," kata Bupati Batang Wihaji saat monitoring rapid test massal di Pasar Batang, Rabu (27/5/2020).

Bupati menyatakan pihaknya masih menunggu petunjuk teknis diberlakukanya new normal . Menurutnya, masyarakat tidak bisa hidup dalam kondisi seperti ini terus. "Aktivitas ekonomi harus jalan, begitu juga dengan proses kegiatan belajar mengajar (KBM), kalau seperti ini negara akan lumpuh," ujarnya.( )

Pemberlakuan new normal di Batang, kata bupati, masih menunggu secara teknis dan prosedur tetapnya dari pemerintah pusat. Penerapannya pun tidak harus menunggu nol kasus COVID-19 meski bupati berharap tidak ada lagi pasien COVID-19 di Batang.

"Secara nonteknis sudah kami sampaikan kepada semua kepala OPD, Puskesmas dan kepala sekolah agar mengubah pola pikir bahwa COVID-19 sesuatu yang biasa tetapi tetapi waspada dan physical distancing," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Mukhlasin menjelaskan, COVID-19 harus dihadapi dengan hidup normal seperti biasa menggunakan masker, cuci tangan, prilaku hidup sehat dan protokol kesehatan lainnya.

"Kalau kita terus menerus prihatin kapan kita mau bangkit lagi, karena kegiatan ekonomi, pembangunan harus jalan. Dan yang terpenting jaga kesehatan kita masing-masing," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3766 seconds (0.1#10.140)