alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Penampakan Rutan Siak yang Porak-poranda Usai Kerusuhan Napi

Banda Haruddin Tanjung
Penampakan Rutan Siak yang Porak-poranda Usai Kerusuhan Napi
Pascakerusuhan terlihat kondisi Rutan Siak yang porak poranda, hampir semua bangunan dilalap si jago merah, Minggu (12/5/2019). Foto/iNews/Banda Haruddin Tanjung

SIAK - Rumah tahanan (Rutan) Kelas 2B Siak, Riau poran-poranda setelah ratusan narapidana mengamuk dan melakukan pembakaran. Tak kurang dari 70% bangunan yang ada rusak parah dilalap si jago merah.

Terlihat bangunan depan Rutan Siak yang terdiri dari ruang penjagaan, ruang pegawai, ruang besuk tinggal puing. Bangunan pimpinan rutan, blok dan sel di bagian tengah bangunan juga tinggal puing-puing.

Bagian depan merupakan tempat utama para pegawai Rutan Siak bekerja yang tentunya banyak dokumen yang musnah. (Baca juga: Kasat Narkoba Tertembak saat Kerusuhan di Rutan)



Bangunan ibadah yang berada di bangian tengah bangunan rutan juga rusak parah. Blok sebelah kanan belakang bangunan juga tidak luput dari amukan sijago merah. Hanya blok sel bagian belakang sebelah kiri masih berdiri kokoh. Diperkirakan sekitar 70 persen kerusakannya.

Sementara itu, sebanyak 615 tahanan rutan sudah dievakuasi dan dipindahkan ke sejumlah rutan dan lapas di berbagai daerah di Riau. Sisanya 33 orang masih ada yang dirawat, melarikan diri dan diamankan di sejumlah kantor polisi.

Sementara itu, hari ini tim Polda Riau bersama Polres Kampar melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Tim Inafis ini menyisir bangunan rutan.

"Yang jelas kerusakan bangunan Rutan Siak lebih dari 50 persen," ucap Kepala Kantor Hukum dan HAM Wilayah Riau, M, Diah Minggu (12/5/2019).

Seperti diketahui kerusuhan terjadi di Rutan Siak pada Sabtu (11/5/2019). Kerusuhan disebabkan penganiayaan warga binaan oleh sipir. Tahanan marah dan membakar rutan. Tidak hanya itu, gudang senjata rutan juga dijebol. Sebanyak 615 tahanan saat ini sudah dipindahkan. Sementara tahanan yang masih kabur diburu polisi.



(AMM)

loading...