Polisi Kawal Pengiriman Hasil Pemilu di Jateng ke KPU Pusat

Minggu, 12 Mei 2019 - 06:30 WIB
Polisi Kawal Pengiriman Hasil Pemilu di Jateng ke KPU Pusat
Pengiriman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 dari Jawa Tengah ke KPU Pusat di Jakarta akan dikawal polisi. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
SEMARANG - Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, pihaknya siap mengawal hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 ke KPU Pusat di Jakarta. Langkah itu untuk menjamin keamanan dokumen hasil pesta demokrasi.

Rycko menambahkan, hasil koordinasi dengan TNI/Polri dan KPU, hasil rekapitulasi surat suara Jateng akan dibawa ke KPU Pusat pada Senin (13/5/2019) besok pagi. "Nantinya surat suara itu akan dikawal penuh oleh TNI/Polri sampai di titik akhir," tutur Rycko, Minggu (12/5/2019) dini hari.

Dia juga mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan Pemilu di Jateng tahun ini berjalan damai, lancar, jujur, adil dan demokratis. Partisipasi pemilih juga cukup tinggi dengan dibuktikan banyak warga berbondong-bondong ke TPS pada 17 April. (Baca Juga: Jelang Sahur, Pleno Rekapitulasi KPU Jateng Berakhir)

"Sejak tahapan awal hingga akhir malam ini, semua berjalan kondusif. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada masyarakat yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu," katanya.

Proses rekapitulasi hasil perolehan suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Jawa Tengah telah usai. Ditandai dengan diketuknya palu persidangan rapat pleno terbuka oleh Ketua KPU Jateng, Yulianto Sudrajat di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Jl Veteran Kota Semarang, Minggu (12/5/2019) dini hari.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyempatkan diri untuk menghadiri sidang pleno rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu 2019 di kantor KPU tersebut. Didampingi Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi dan jajaran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng, Ganjar mengikuti proses penetapan hasil pemilu Jateng tersebut hingga selesai. (Baca Juga: Rapat Pleno Ditutup, KPU Jateng Sampaikan Duka 97 Petugas Meninggal)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9552 seconds (0.1#10.140)