alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cara Membuat Cente Manis untuk Takjil Buka Puasa

Tedy Ahmad
Cara Membuat Cente Manis untuk Takjil Buka Puasa
Cente Manis bisa menjadi pilihan untuk hidangan berbuka puasa. Anda pun bisa membuatnya di rumah. Foto/Instagram.

JAKARTA - Adalah Cente Manis, kue yang berbahan dasar mutiara dengan tepung hunkwe. Rasanya manis dan kenyal sehingga membuat cita rasanya begitu khas dan tentu saja disukai banyak orang. Kudapan ini pun bisa menjadi cemilan keluarga dan cocok untuk hidangan berbuka puasa.

Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara membuatnya.

Bahan 1:
75 g tepung hunkwe
300 ml santan sedang kental



Bahan 2:
300 ml santan kental
2 lembar daun pandan
1/4 sdt Desaku kunyit bubuk
1/4 sdt vanilli
1/2 sdt garam
80 g gula pasir
3 sdm susu kental manis
1 sdm air panas

Bahan 3:
125 g sagu mutiara yang sudah di rebus dan di tiriskan
25 lembar plastik tebal ukuran 15x 10 cm

Cara membuat:
Larutkan Desaku Kunyit Bubuk dan air panas. Larutkan tepung hunkwe dengan santan sedang kentalnya, kemudian aduk hingga tercampur rata.

Rebus bahan 2 hingga mendidih dan beraroma. Angkat daun pandanya, masukan adonan bahan 1 dan aduk rata hingga mengkilat dan mengental. Jika mulai mengental, masukan sagu mutiara, kemudian masak hingga pekat dan mengkilat.

Masukkan 2 sdm adonan panas-panas di atas plastik, bungkus, tekan tengah bungkusan hingga berpinggang. Diamkan hingga cukup dingin dan siap disajikan untuk hidangan buka puasa.



(mif)

loading...