alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Meski Penjualan Turun, Apple Masih Kuasai Pasar Amerika

Muh Iqbal Marsyaf
Meski Penjualan Turun, Apple Masih Kuasai Pasar Amerika
Apple sampai saat ini masih menguasai pasar smartphone di wilayah Amerika Utara. Foto/IST

CUPERTINO - Produk Apple masih menguasai pasar smartphone di belahan Bumi Amerika Utara. Selama periode tiga bulan 2019, Apple mengirim 14,6 juta iPhone, turun dari 17,9 juta yang dikirimkan di periode yang sama tahun lalu.

IPhone XR yang dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau berkontribusi terhadap 4,5 juta unit yang dikirimkan ke pelanggan. Meskipun Apple mengalami penurunan penjualan sebanyak 19% di Amerika Utara, raksasa Cupertino itu masih memimpin pangsa pasar di AS dengan penguasaan 40%.

Samsung berada di urutan kedua dengan mengirimkan 10,7 juta smartphone di Amerika Utara selama tiga bulan pertama tahun ini. Jumlah itu meningkat tipis dari 10,3 juta unit pada 2018, tapi angka itu sudah cukup bagi Samsung untuk menggerogoti sebagian pasar Apple.



Meski Penjualan Turun, Apple Masih Kuasai Pasar Amerika

Laman Phone Arena menyebutkan, pangsa pasar Samsung Q1 sebesar 29,3% memangkas keunggulan Apple di benua itu menjadi 10,7% dari 17,1 juta unit tahun lalu.

Canalys mengatakan, beberapa fitur dari garis Samsung Galaxy S10 seperti lensa sudut ultra lebar, tampilan kamera pada lubang layar, dan pengisian nirkabel terbalik membantu mendorong permintaan untuk ponsel pada kuartal pertama. Perusahaan ini mengirim lebih dari dua juta unit masing-masing dari Galaxy S10e dan Galaxy S10 Plus.

Canalys menyebutkan, Samsung akan terkena dampak negatif akhir tahun ini oleh OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro. Sebab keduanya memiliki fitur yang ditemukan pada kisaran Galaxy S10.

Meski Penjualan Turun, Apple Masih Kuasai Pasar Amerika

Selain itu, Samsung mencatat mereka bisa dirugikan oleh langkah Google ke titik harga yang lebih rendah dan lebih banyak saluran operator. Ditambah kembalinya ZTE ke pasar kelas bawah.

Sementara itu, Canalys mengatakan, ada "peningkatan" dalam pengiriman iPhone XR di Amerika Utara selama kuartal pertama. Hanya tetap memperingatkan, untuk meningkatkan kinerja perusahaan tahun depan, mereka perlu datang dengan beberapa fitur baru yang akan "mengesankan konsumen".

Perusahaan analitis mengatakan, batch model iPhone saat ini tidak cukup berbeda dibandingkan model lamanya. Apple sendiri memiliki 40% pasar ponsel pintar di Amerika Utara selama Q1.

Bahkan dengan penurunan 24% dalam pengiriman ke Amerika Utara menjadi 4,8 juta unit, LG merebut tempat ketiga dengan 13,3%. Lalu pengapalan Lenovo naik 42% selama kuartal tersebut, menjadikannya 2,4 juta unit pengiriman atau 6,5% dari pasar.

Di tempat kelima ada TCL, mungkin memanfaatkan posisinya sebagai pemegang lisensi BlackBerry. Perusahaan memiliki 4% dari kue smartphone Amerika Utara selama kuartal tersebut, yakni pengiriman 1,4 juta ponsel. Jumlah itu naik dari 1,1 juta yang dikirimkan selama periode yang sama tahun lalu.



(mif)

loading...