alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

21 Wajah Baru Warnai DPRD Kota Yogyakarta

suharjono,
21 Wajah Baru Warnai DPRD Kota Yogyakarta
Caleg Muda PAN Indaruwanto Eko saat menyampaikan keterangan terpilihnya menjadi wakil Rakyat DPRD Kota Yogyakarta.FOTO/IST

YOGYAKARTA - Pemilihan umum kali ini menjadi pertarungan calon incumbent dengan wajah baru. Di Kota Yogyakarta lebih dari 50% caleg yang bakal menjadi wakil rakyat merupakan wajah baru.

Dari 40 kursi yang diperebutkan, 21 di antaranya wajah baru. Bahkan perolehan suara secara by name juga tidak kalah dengan caleg pertahana.

Salah satu caleg wajah baru dari PAN Indaruwanto Eko misalnya. Dia mampu mendulang suara by name 3. 819 suara. Perolehan ini hanya sedikit di bawah caleg petahana dari PDIP Dwi Saryono dengan perolehan suara 3.947 suara by name. "Ini adalah pengalaman pertama saya di pemilu, alhamdulillah menjadi salah satu peraih suara tertinggi," katanya saat menggelar syukuran di Yogyakarta, Jumat(10/52019) malam.



Dari 40 wakil rakyat, dia juga tercatat bakal menjadi salah satu dari dua wakil rakyat termuda di DPRD Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Yogyakarta Hidayat Widodo mengatakan, rekapitulasi perolehan suara untuk DPRD Kota Yogyakarta sudah selesai. Berdasarkan perolehan suara yang dikonversi ke perolehan kursi DPRD Kota Yogyakarta, PDIP masih menjadi pemenang meski perolehan kursi turun dua kursi.

Pada Pemilu 2014 lalu, PDIP meraih 15 kursi menjadi 13 kursi pada Pemilu 2019. Di urutan kedua PAN dengan6 kursi, Gerindra 5 kursi, PKS 5 kursi, Golkar 4 kursi, NasDem 4 kursi, Demokrat, 2 kursi dan PPP, 1 kursi. "Semua sudah final dan ada partai yang mengalami penurunan kursi dan ada yang naik," katanya.

Untuk penurunan suara, selain dialami PDIP juga dialami Partai Golkar, dari lima kursi menjadi menjadi empat kursi, PPP turun dari empat kursi menjadi satu kursi." Sedangkan partai politik yang mengalami kenaikan perolehan kursi di DPRD Kota Yogyakarta, antara lain PAN, NasDem, PKS dan Demokrat," pungkasnya.



(nun)