Warga Nigeria di Singapura Terinfeksi Virus Monkeypox

Jum'at, 10 Mei 2019 - 18:00 WIB
Warga Nigeria di Singapura Terinfeksi Virus Monkeypox
Ilustrasi pasien monkeypox di Republik Demokratik Kongo ketika virus mewabah tahun 1997. Foto/Straits Times/CDC
A A A
SINGAPURA - Kasus pertama virus monkeypox ditemukan terjadi di Singapura. Virus ini diduga dibawa seorang pria Nigeria yang telah terinfeksi oleh daging hewan liar yang dimakannya di sebuah pesta pernikahan.

Monkeypox, virus yang mirip dengan cacar manusia pernah diberantas pada tahun 1980. Virus ini tidak menyebar dengan mudah dari orang ke orang, tetapi dalam kasus yang langka dapat berakibat fatal.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit yang berbasis di Amerika Serikat (AS), infeksi monkeypox pada manusia hanya didokumentasikan tiga kali di luar Afrika, yakni di AS, Inggris, dan Israel.

Kementerian Kesehatan (MOH) Singapura mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam bahwa pasien yang terinfeksi adalah seorang warga Nigeria berusia 38 tahun yang tiba di Singapura pada akhir April. Pria itu saat ini berada di ruang isolasi di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular dan dalam kondisi stabil.

"Walaupun risiko penyebarannya rendah, Kementerian Kesehatan mengambil tindakan pencegahan," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, yang dilansir Reuters, Jumat (10/5/2019).

Penyelidikan yang sedang berlangsung menunjukkan 23 orang telah diidentifikasi memiliki hubungan dekat dengan pasien ketika ia berada di Singapura.

Pihak berwenang mengatakan sebelum kedatangannya di Singapura, pria itu menghadiri pesta pernikahan di Nigeria, di mana dia diduga memakan daging hewan liar yang bisa menjadi sumber penularan virus. Bushmeat atau daging hewan liar yang biasanya dari simpanse, gorila, kijang, burung atau hewan pengerat menjadi makanan yang biasa bagi warga Afrika.

Gejala monkeypox biasanya berlangsung selama dua hingga empat minggu, dimulai dari demam dan sakit kepala dan berlanjut ke benjolan kecil yang disebut pustula yang menyebar ke seluruh tubuh.

Kasus monkeypox pada manusia menyebar secara sporadis di Afrika barat dan tengah sejak tahun 1970-an, dan pada tahun 2003. Kasus pertama di luar Afrika dilaporkan terjadi di AS.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6144 seconds (0.1#10.140)