KAI Siapkan Rute Yogyakarta-Bandara YIA, Ini Tarifnya

Jum'at, 10 Mei 2019 - 15:53 WIB
KAI Siapkan Rute Yogyakarta-Bandara YIA, Ini Tarifnya
PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan rute khusus dari Yogyakarta menuju Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo. FOTO/IST/INKA
A A A
YOGYAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan rute khusus dari Yogyakarta menuju Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo. Jalur kereta diawali dari Stasiun Maguwo hingga Stasiun Wojo yang dekat dengan Bandara YIA.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, KAI menyediakan KA Bandara Internasional Yogyakarta dengan Rute Stasiun Maguwo-Wojo pulang pergi. KA ini memiliki pemberhentian di 4 stasiun yaitu Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo dengan menempuh jarak 49,1 km dengan durasi perjalanan selama 47-51 menit.

"Kita menerapkan tarif sebesar Rp30.000 dari Yogyakarta sampai Wojo dan sebaliknya," katanya kepada wartawan, Jumat (10/5/2019).

Dijelaskan, sarana KA Bandara YIA menggunakan rangkaian KRDE dengan kapasitas 196 penumpang duduk dan 200 penumpang berdiri. Dengan demikian total bisa mengangkut 396 penumpang dalam satu rangkaian KA. Adapun total kapasitas per hari adalah 792 penumpang dengan asumsi melayani dua kali penerbangan pesawat.

Di dalam kereta, penumpang akan dimanjakan dengan penyejuk ruangan (AC), televisi, toilet, ruang penyimpanan koper dan barang, serta USB Port untuk mengisi daya smartphone.

"Angkutan KA Bandara Internasional Yogyakarta ini kami maksudkan agar masyarakat dapat mengandalkannya sebagai moda transportasi terintegrasi, sehingga perjalanan lebih nyaman dan tepat waktu," katanya.

Dalam sehari kereta melayani empat kali perjalanan pulang pergi menyesuaikan jadwal pesawat. Begitu juga dengan bus yang akan membawa penumpang dari Stasiun Wojo hingga bandara yang berjarak 6 km dengan waktu tempuh 10 Menit. Tarif bus Damri setelah tanggal 12 Mei adalah Rp10.000.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 7.1207 seconds (0.1#10.140)