11 Dekan Universitas Sebelas Maret Solo Dilantik Serentak

Jum'at, 10 Mei 2019 - 14:24 WIB
11 Dekan Universitas Sebelas Maret Solo Dilantik Serentak
Rektor UNS Profesor Jamal Wiwoho saat melantik 11 dekan baru di Auditorium GPH Haryo Mataram, UNS, Jumat (10/5/2019). Foto/IST
A A A
SOLO - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Profesor Jamal Wiwoho melantik 11 Dekan baru periode 2019-2023. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di Auditorium GPH Haryo Mataram, UNS, Jumat (10/5/2019).

"Saat ini UNS memiliki 11 Dekan, berbeda dengan periode sebelumnya yang hanya memiliki 10 Dekan," kata Jamal Wiwoho saat pelantikan.

Belum lama ini, terdapat penambahan Fakultas Keolahragaan (FKOR). Sementara, Dekan yang dilantik merupakan kapten-kapten tim dari 11 fakultas yang ada. Jamal berharap para Dekan baru segera bersiap membawa UNS dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) BLU menjadi PTN Berbadan Hukum.

Sementara, 11 Dekan yang baru dilantik adalah Profesor Ismi Dwi Astuti Nurhaeni sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Profesor Djoko Suhardjanto sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Profesor Samanhudi sebagai Dekan Fakultas Pertanian (FP), Reviono sebagai Dekan Fakultas Kedokteran (FK), Harjana sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Rahmanu Widayat sebagai Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Lalu Profesor Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani sebagai Dekan Fakultas Hukum (FH), Mardiyana sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Profesor Warto sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Sholihin Asad sebagai Dekan Fakultas Teknik (FT), dan Sapta Kunta Purnama sebagai Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR).

Rektor menegaskan, pihaknya akan melakukan penilaian setiap tahun terhadap para Dekan. Termasuk di dalamnya apakah para dekan bisa merealisasikan janji-janjinya untuk mengembangkan UNS menjadi PT yang baik dan bermutu. Salah satu indikator PT bermutu adalah akreditasi.

"Saya akan melakukan evaluasi terhadap prodi-prodi yang tidak memiliki akreditasi A, jajaran dekan harus segera mempersiapkan dengan baik supaya prodi yang memiliki akreditasi C atau B bisa jadi A dan yang sudah A segera memperoleh akreditasi internasional," ujar Jamal.

Sejauh ini, terdapat tiga fakultas yang sudah memiliki prodi terakreditasi internasional, yakni FEB, FT, dan FMIPA. Pihaknya berharap fakultas lain bisa menyusul ketiga fakultas tersebut. "Saya tidak ingin ada akreditasi B, apalagi C. Yang ada hanya A dan akreditasi internasional," katanya.

Setelah pelantikan, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima jabatan dari Dekan periode 2015-2019 ke Dekan baru periode 2019-2023.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.6064 seconds (0.1#10.140)