Bisakah Rambut Uban Kembali Hitam? Ini Jawabannya

Rabu, 27 Mei 2020 - 15:00 WIB
loading...
Bisakah Rambut Uban Kembali Hitam? Ini Jawabannya
Usia menua biasanya diikuti oleh rambut yang memutih. Rambut yang disebut uban itu muncul lantaran pigmen melanin hilang. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Usia menua biasanya diikuti oleh rambut yang memutih. Rambut yang disebut uban itu muncul lantaran pigmen melanin hilang.

Penghasil pigmen ini bertanggung jawab atas warna rambut dan warna kulit alami Anda. Semakin sedikit melanin yang Anda miliki, semakin ringan rambut Anda.

Adalah wajar kehilangan melanin seiring bertambahnya usia. Ada juga beberapa alasan lain yang dapat menyebabkan hilangnya melanin. Namun, tidak mungkin untuk mengembalikan warna alami rambut Anda jika uban Anda bersifat genetik dan alami.

Perubahan dalam makanan Anda dapat memiliki efek pada tingkat uban pada rambut Anda, jika penyebab uban adalah defisiensi tertentu.

Bagaimana jika penyebab uban Anda genetik? Mungkin yang membuat Anda terkejut, rambut alami sebenarnya berwarna putih. Ini adalah melanin di rambut yang bertanggung jawab atas warna rambut. Kehilangan melanin terjadi secara alami, terutama setelah 30-an. Tingkat kehilangan warna rambut sebenarnya ditulis dalam gen Anda. Jadi, jika orang tua Anda mengalami uban di awal kehidupan mereka, Anda mungkin juga demikian.

Namun, tidak mungkin mengembalikan warna rambut Anda, ini tidak seperti apa yang dikatakan sebagian besar klaim yang diungkap di internet kepada Anda. Folikel rambut Anda tidak dapat menghasilkan melanin sendiri.

Selain rambut beruban alami, mungkin ada alasan lain dari uban Anda. Ini dapat disebabkan oleh salah satu alasan berikut dan mungkin dapat diobati. Seperti dilansir Times of India, berikut ulasannya.

1. Kekurangan nutrisi
Diet seimbang penting untuk perawatan rambut Anda. Jika rambut Anda kekurangan nutrisi tertentu, itu bisa menyebabkan uban prematur. Ini termasuk kekurangan vitamin B12, folat, tembaga dan besi.

Mengkonsumsi suplemen dapat membantu mengatasi kekurangan dan seiring waktu Anda mungkin melihat warna Anda kembali normal. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil suplemen.

2. Kondisi kesehatan
Beruban prematur juga dapat terjadi karena kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit tiroid atau alopecia areata. Alasan lain mengapa rambut Anda rontok adalah fluktuasi hormon. Dimungkinkan untuk mengelola kondisi ini dan mengembalikan melanin dan warna rambut Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)