PDIP Diprediksi Raih 42 Kursi DPRD Jateng, Diisi 20 Wajah Baru

Jum'at, 10 Mei 2019 - 13:14 WIB
PDIP Diprediksi Raih 42 Kursi DPRD Jateng, Diisi 20 Wajah Baru
PDIP diprediksi meraih 42 dari total 120 kursi DPRD Jawa Tengah pada Pemilu 2019. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SEMARANG - PDI Perjuangan dipastikan kembali menguasai kursi DPRD Jawa Tengah. Partai berlambang banteng moncong putih tersebut diprediksi meraih 42 dari total 120 kursi wakil rakyat yang tersedia.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Kusriyanto mengungkapkan, dari rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan secara internal, partainya diprediksi meraih 42 kursi. "Kami melakukan rekapitulasi berdasarkan hitungan DB1. Untuk hasil resminya tentu masih menunggu KPU," kata Bambang, Jumat (10/5/2019).

Pada Pemilu Legislatif 2014 lalu, PDI Perjuangan meraih 27 dari 100 kursi DPRD Jateng. Di Pemilu Legislatif 2019 ini, dengan penambahan daerah pemilihan (dapil), jumlah kursi di Gedung Berlian bertambah menjadi 120.

Pria yang akrab disapa Bambang Krebo tersebut menyatakan perolehan 42 kursi telah memenuhi target maksimal yang dipatok. "Target kami meraih 36 hingga 42 kursi. Jadi dengan perolehan ini, kami sangat puas," kata Ketua DPRD Kabupaten Semarang ini. Dari jumlah kursi yang didapat, 22 kursi merupakan petahana, dan 20 kursi diisi wajah baru.

Kursi terbanyak disumbangkan dari dapil Jateng 6 (Sragen, Karanganyar, Wonogiri), dan Jateng 7 (Solo, Klaten, Sukoharjo). Kedua dapil yang sejak lama menjadi lumbung suara PDI Perjuangan tersebut masing-masing menyumbang 5 kursi.

Dia menambahkan, perolehan tersebut tak didapat begitu saja. Sebab konsolidasi partai sudah dilakukan sejak lama. Mulai dari Pilkada. Pihaknya juga membentuk Pandu Juang, Komunitas Juang, hingga Cyber Juang.

Menurutnya, pilkada serentak memiliki dua pengaruh. Banyak yang menyebut Pileg terabaikan, karena pemilih lebih berfokus ke Pilpres. Namun faktanya antusiasme warga datang ke TPS meningkat.

Dari data yang didapat, sejumlah nama incumbent diprediksi kembali terpilih pada Pileg kali ini. Di antaranya Ketua Komisi D Alwin Basri (Jateng 4), Ketua Komisi C Asfirla Harisanto (Jateng 11), Dyah Kartika Permanasari (Jateng 2), Ahmad Ridwan (Jateng 13), Maria Tri Mangesti (Jateng 1), dan Peni Dyah Perwitosari (Jateng 9).

Adapun sejumlah wajah baru yang terpilih di antaranya Bambang Kusriyanto (Jateng 2), A Baginda Muhammad Mahfuz H (Jateng 5), Eko Susilo (Jateng 8), Saiful Hadi (Jateng 10), Juli Krisdianto (Jateng 11), dan Pujo Widiono (Jateng 13).

PDIP Diprediksi Raih 42 Kursi DPRD Jateng, Diisi 20 Wajah Baru
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7036 seconds (0.1#10.140)