Pemprov Fasilitasi Mudik Gratis Warga Jateng di Jabodetabek

Rabu, 08 Mei 2019 - 15:04 WIB
Pemprov Fasilitasi Mudik Gratis Warga Jateng di Jabodetabek
Pemprov Jateng kembali menggelar program mudik gratis bagi masyarakat Jawa Tengah di Jabodetabek pada Lebaran tahun ini. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOphoto
A A A
SEMARANG - Kabar gembira bagi masyarakat Jawa Tengah yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng kembali menggelar program mudik gratis pada Lebaran tahun ini.

Untuk itu, bagi masyarakat Jateng yang tinggal di wilayah tersebut untuk segera mendaftarkan diri guna mengikuti program mudik gratis bersama Pemprov Jateng.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono mengatakan, program mudik gratis ini sebagai upaya pemprov untuk mengurangi angka pemudik yang menggunakan sepeda motor dari Jakarta pulang ke kampung halaman.

Dia menyebutkan, program mudik gratis dari Jakarta ke beberapa kota di Jateng ini akan lebih fokus pada tiga titik padat pemudik, yaitu wilayah Banyumas, Solo, dan Semarang.

"Hampir sama dengan tahun sebelumnya, pemprov telah menyediakan moda angkutan gratis kereta api, bus, dan kapal," kata Sri Puryono, Rabu (8/5/2019).

Untuk tahun ini, direncanakan ada 207 armada bus dan tiga rangkaian kereta api dan sebuah kapal pelayaran. Masyarakat Jateng yang kebetulan tinggal di Jakarta bisa pulang ke kampung halaman dengan suasana kebahagiaan.

"Kita dari provinsi juga memfasilitasi mengenai mudik gratis, dari Jakarta ke Jawa Tengah. Kereta api dari dirut KAI sudah memberikan fasilitas ke kita, dan dari pemprov ditambah pemkab/pemkot sementara ada 171 bus. Belum lagi yang dari dunia usaha ikut memberikan mudik gratis, pasti jumlahnya lebih besar lagi," katanya.

Sekda menyatakan, pada intinya Pemprov Jateng memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik. Apalagi mudik dengan kendaraan roda dua sudah mulai berkurang.

Untuk bisa mengikuti program mudik gratis Pemprov Jateng cukup dengan mendatangi Kantor Perwakilan Jateng di Jalan Prapanca II Nomor 11 Jakarta Selatan. Pendaftaran dibuka sejak 24 April 2019 hingga kuota terpenuhi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9869 seconds (0.1#10.140)