Menua, Aktor Silat Sammo Hung Tak Kuat Gendong Cucu

Rabu, 08 Mei 2019 - 11:39 WIB
Menua, Aktor Silat Sammo Hung Tak Kuat Gendong Cucu
Setelah puluhan tahun memperlihatkan aksi kung funya di ratusan film, kekuatan fisik Sammo Hung menurun. Dia bahkan tidak lagi kuat untuk menggendong cucunya. FOTO/MSN
A A A
HONG KONG - Masih ingat dengan Sammo Hung, aktor yang kerap berperan sebagai pendekar kung fu di film-film produksi Hong Kong? Dulu, meski tubuhnya tambun, tapi gerakannya sangat lincah. Banyak penjahat takluk dengan jurus-jurusnya.

Kini Sammo Hung sudah jarang terlihat di layar lebar. Bukan berarti dia tidak lagi bisa beraksi, tapi usianya yang kian merambat senja menjadi salah satu alasannya.

Berusia 67 tahun, Sammo pernah mengakui sudah lelah menyutradarai dan membintangi My Beloved Bodyguard pada 2016. Sammo mengatakan, usianya telah membuatnya tidak lagi kuat untuk banyak beraktivitas fisik. Selain karena usia, cedera yang dia dapatkan dari syuting juga mempengaruhi kondisi fisiknya.

Dikutip dari AsiaOne, Sammo mengatakan, dia pernah mengalami patah lengan saat syuting Lucky Stars Go Places pada 1986. Saat itu, dia mendapatkan perawatan di rumah sakit, tapi kemudian kembali ke lokasi syuting.

Ini adalah salah satu bukti dedikasi Sammo terhadap pekerjaannya. Aktor itu sudah memberikan separuh hidupnya kepada pekerjaannya dan mendapatkan banyak pujian atas lebih dari 200 film selama kariernya. Sementara dia adalah seorang pria dengan badan besar, dia dikenal sebagai seorang seniman seni bela diri yang gesit.

Namun, puluhan tahun membintangi film aksi telah membuat tubuhnya menjadi rapuh. Dalam beberapa kali kesempatan, dia terlihat memakai kursi roda, terutama setelah menjalani operasi lutut dua tahun lalu.

Dalam sebuah wawancara, menantunya, Janet Chow, mengatakan, Sammo bahkan sudah tidak kuat lagi menggendong cucunya. Sammo memang dikenal sangat sayang cucunya. Tahun lalu, dia terlihat berbelanja mainan bersama cucunya tersebut.

"Dia bisa berjalan, tapi lebih nyaman baginya untuk duduk kursi roda ketika pergi ke tempat seperti mal," kata Janet yang dikutip AsiaOne.

Setelah beristirahat dari dunia film, Sammo kini sibuk memasak untuk keluarganya. Dia mengatakan, dia sedang mendalami keterampilannya dalam memasak dan pernah mempertimbangkan untuk menjadi seorang koki jika kariernya di dunia film gagal.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8693 seconds (0.1#10.140)