alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Terus Tingkatkan Kualitas

Ainun Najib
Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Terus Tingkatkan Kualitas
Peserta pelatihan penyusunan laporan evaluasi diri dan laporan kinerja prodi foto bersama usai pelatihan, Selasa (7/5/2019) . FOTO/IST

YOGYAKARTA - Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) terus berbenah untuk meningkatkan kualitas. Selasa (7/5/2019) UCY menggelar pelatihan penyusunan laporan evaluasi diri dan laporan kinerja prodi berdasarkan instrumen akreditasi prodi studi berbasis outcome (IAPS 4.0). Kegiatan yang digelar di Auditorium UCY ini menghadirkan pembicara dari Asesor BAN PT.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UCY, Drs Taufik Nugroho, MAg menyebut pelatihan ini merupakan sosialisasi instrumen baru akreditasi bagi semua pimpinan di lingkungan UCY.

Di UCY saat ini ada lima fakultas dengan delapan program studi. Dua di antaranya yakni Prodi Teknik Sipil dan Prodi Ilmu Hukum akreditasinya akan habis tahun depan. “UCY saat ini telah terakreditasi institusi dan semua program studi telah memiliki akreditasi BAN PT peringkat B yang berdampak pada peningkatan kepercayaan masyarakat untuk studi di UCY. Ini harus kita pertahankan dan tingkatkan,” tegasnya dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Selasa (7/5/2019) malam.



Sementara itu Tim Asesor BAN PT, Dr Karwadi, SAg Mag yang hadir sebagai pembicara menyebut hal utama yang mendasar pada Instrumen Aakreditasi Program Studi (IAPS 4.0) adalah ada pada outcome hasil keluarannya.

“Jadi kemauan pemerintah bagaimana lembaga pendidikan tinggi tidak semata-mata pada wilayah akademik teoritis tapi produktif. Ini perlu kita perlu respon secara positif agar perguruan tinggi tidak hanya pada menara gading tetapi turun untuk memberikan kontribusi yang lebih konkret, lebih nyata,” tegasnya.

Menurut Karwdi beberapa hal yang harus diperhatikan dalam Laporan Kinerja Program Studi (LKPS), walaupun substansinya sebagian besar masih seperti pada instrument sebelumnya, tetapi semua isian data selalu dikaitkan dengan dampak dan outcome.

“Kedepan dengan menggunakan IAPS 4.0 hasil peringkat akreditasi tidak lagi dengan huruf melainkan berupa peringkat baik, sangat baik dan unggul,” terangnya. (Baca juga : UCY Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI )



(nun)

loading...