alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pasarkan Produk UKM, Sleman Gelar Pasar Lebaran

Priyo Setyawan
Pasarkan Produk UKM, Sleman Gelar Pasar Lebaran
Kadis Koperasi dan UKM Sleman Pustopo memberikan keternagan soal pasar Lebaran 2019 di Sleman, Selasa (7/5/2019). FOTO/SINDOnews/Priyo Setyawan

SLEMAN - Pemkab Sleman selama enam hari, mulai Selasa (14/5/2019) hingga Minggu (19/5/2019) akan menggelar Pasar Lebaran 2019 di selatan lapangan pemda. Kegiatan ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau, namun juga sebagai sarana
memasarkan produk usaha kecil menengah (UKM) di Sleman.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Pustopo mengatakan secara umum Pasar Lebaran tahun 2019 ini tidak berbeda jauh dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya. Hanya bedanya, untuk penyelenggara, tempat, peserta dan konsepnya berbeda. Di mana tahun ini penyelenggaran bukan dinas perdagangan dan perindustrian melainkan dinas koperasi dan UKM.

Untuk tempat yang biasanya digelar di halaman kantor Disperindag kali ini dipindah di Jalan Candisari, selatan lapangan Pemda. Peserta bukan perorangan melainkan asosiasi kelompok usaha, seperti forum komunikasi Kecamatan Sleman, Ikatan Pengrajin Sleman, Asosiasi Makanan dan Minuman Sleman, termasuk usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS).



“Konsep Pasar Lebaran dikemas ala mileneal. Antara lain dengan adanya band untuk menunggu buka puasa (ngabuburit). Pasar Lebaran ini buka mulai pukul 09.00 WIB-18.00 WIB,” kata Pustopo soal rencana pasar Lebaran 2019, Selasa (7/5/2019).

Selain menawarkan produk UKM, di antaranya kuliner, fashion, hasil pertanian, buah, dan tanaman hias, Pasar Lebaran ini juga akan menawarkan 500 paket sembako (gula,minyak goreng, roti dan lainya) senilai Rp100 ribu bagi keluarga miskin. Dimana paket itu bisa dibeli hanya Rp10 ribu.

Untuk pembelian sendiri dengan memakai kupon yang sudah dibagikan oleh Dukuh setempat kepada warganya. Paket sembako ini akan dibagikan setiap hari. “Selain sembako murah, juga akan ada egiatan bazar dan talkshow serta aneka lomba,” paparnya.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Endah Sri Widiastuti menambahkan Pasar Lebaran 2019 ini juga akan ada talkshow dengan tema, "Cara Melesatkan Omset 100 Kali Lipat". Ada juga stand konsultasi pojok UMKM agar UKM meningkatkan kualitas dan kemandirian. Termasuk ada tempat untuk berbuka puasa dengan menikmati suasana sore hari. “Kami targetak sebanyak 75 UKM mengikuti kegiatan ini,” tambahnya.



(nun)

loading...