Ketum Terpilih KNPI Laporkan Inisiator dan Pelaksana Kongres Lanjutan

Sabtu, 05 Januari 2019 - 18:00 WIB
Ketum Terpilih KNPI Laporkan Inisiator dan Pelaksana Kongres Lanjutan
Ketua Umum Terpilih Kongres XV KNPI Haris Pertama melaporkan delapan orang yang diduga terlibat dalam pelaksanaan kongres lanjutan tersebut ke Bareskrim Mabes Polri. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kongres lanjutan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang akan digelar pada 5-6 Januari 2019 berbuntut panjang. Ketua Umum Terpilih Kongres XV KNPI Haris Pertama melaporkan delapan orang yang diduga terlibat dalam pelaksanaan kongres lanjutan tersebut ke Bareskrim Mabes Polri.

"Kita melaporkan atas tuduhan penipuan, perbuatan curang, pemalsuan surat, dan berita bohong yang menyatakan kongres lanjutan KNPI di Bogor itu ada," kata Haris Pratama dalam keterangan persnya di Mabes Polri, Sabtu (5/1/2019).

Delapan orang yang dilaporkan adalah mereka yang terlibat langsung dalam pelaksanaan kongres lanjuta KNPI. Ada yang bertugas sebagai pimpinan sidang, Ex Ketua OC, dan Ex ketua SC.

Alasan mereka menggelar kongres lanjutan karena dalam pemilihan sebelumnya tidak ada calon yang mendapatkan 50% plus satu suara. Sehingga perlu dilaksanakan pemilihan putaran kedua.

Padahal, menurut Haris, Kongres XV KNPI yang digelar 18-22 Desember 2018 telah menghasilkan Haris Pratama sebagai ketua umum. Dari total 168 suara, 166 di antaranya adalah suara sah. Satu pemilik suara tidak hadir dan satu lagi abstain. "Secara aklamasi itu sudah sah. Oleh karena itu, kita melihat ini ada upaya pihak-pihak yang ingin memecah belah KNPI," katanya.

Haris mendesak polisi bertindak tegas terhadap kongres lanjutan yang akan digelar di Bogor besok. Sebab, surat dari bDPP KNPI tidak bisa sembarangan keluar, karena ada sekretariat yang mengurus surat-menyurut.

"Pesaing saya sendiri sudah menyatakan saya sebagai Ketum, dan saya punya bukti-bukti video, atas ucapan pesaing saya itu. Jadi yang kita hadapi adalah kelakuan presidium sidang yang menggelar kongres lanjutan," katanya.

Ikut mendampingi Haris Pertama pada pelaporan tersebut, Gunung Hutapea (MPI-Pimpinan Sidang Kongres XV Pemuda/KNPI), Berto Izaak Doko (Sekretaris Penyelenggara Kongres XV Pemuda/Waketum DPP KNPI). Lalu Ivanhoe Semen (Pimpinan Sidang Kongres XV Pemuda/KNPI-Waketum Garda Nasdem), Risman Pasigai (SC Kongres XV Pemuda/KNPI), Ahmad Andi Bahri (Wakil Ketua OC Kongres XV Pemuda/KNPI), Mustahuddin (SC Kongres XV Pemuda/KNPI). Kemudian Ichwanul M. Dhault (Ketua DPD KNPI Jakarta/Formateur), Jaksen Kumaat (Ketua DPD KNPI Sulawesi Utara/Formateur), M Balyah (SC Kongres XV Pemuda/KNPI), Bahtra Banong (Kongres XV Pemuda/KNPI), Syarif Achmad (Kongres XV Pemuda/KNPI), dan Muhammad Nurul Haq (Ketua DPD KNPI Sulawesi Tengah)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5427 seconds (0.1#10.140)