alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Harga Bawang Putih di Salatiga Turun Rp10.000 per Kilogram

Angga Rosa
Harga Bawang Putih di Salatiga Turun Rp10.000 per Kilogram
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono saat melakukan pantauan harga barang kebutuhan pokok di Pasar Raya I Salatiga, Selasa (7/5/2019). Foto/IST

SALATIGA - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Salatiga yang terdiri dari Polres, Dinas Perdagangan, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan instansi lain melakukan inspeksi mendadak harga sejumlah barang kebutuhan pokok di pasar, Selasa (7/5/2019). Pada hari kedua Ramadhan ini, harga barang kebutuhan pokok di Salatiga diketahui mengalami fluktuasi.

Harga bawang putih turun Rp10.000 dari harga Rp70.000 atau menjadi Rp60.000 per kilogram. Sementara harga telur, bawang merah dan daging ayam stabil. Sedangkan harga gula pasir naik Rp2.000 dari harga Rp11.000 atau menjadi Rp13.000 per kilogram.

"Sidak (inspeksi mendadak) ini, untuk memantau harga barang kebutuhan pokok. Tadi diketahui harga bawang putih turun Rp10.000, gula pasir naik sedikit. Sedang harga telur dan daging ayam stabil," kata Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono. (Baca juga: Awal Ramadhan di Solo, Harga Cabai Mulai Merangkak Naik)



Selain untuk memantau harga, kata Kapolres, petugas juga melakukan pemantauan stok barang kebutuhan pokok serta menyasar sejumlah produk makanan kemasan yang sudah kadaluarsa. Namun pada sidak pertama ini, petugas gabungan tidak menemukan adanya barang kadaluarsa.

"Bahan makanan kemasan mulai dari kecap, ikan sarden dan sebagainya dalam kondisi masih layak konsumsi hingga Idul Fitri nanti," katanya.

Kapolres mengimbau kepada warga agar tidak menyetok barang kebutuhan pokok secara berlebihan. Sebab hal itu akan menyebabkan stok di pasar menipis. "Kalau stok di pasar menipis, maka tengkulak atau spekulan akan menaikkan harga. Untuk itu, saya imbau jangan stok barang secara berlebihan," ujarnya.



(AMM)

loading...