alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tips Menghindari Bau Mulut saat Berpuasa

Tedy Ahmad
Tips Menghindari Bau Mulut saat Berpuasa
Menjaga kesehatan gigi menjadi salah satu cara menghindari bau mulut berlebih saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Ada beberapa tips melakukannya. Foto/IST

JAKARTA - Orang yang berpuasa sering kali diidentikan dengan bau mulut. Padahal, bau mulut tidak sedap bisa diatasi dengan menjaga kebersihan mulut. Cara melakukannya pun mudah, hanya perlu sedikit ketekunan, kesadaran dan perhatian sudah cukup untuk menjaga kesehatan rongga mulut.

Seperti diketahui, mulut merupakan indeks kesejahteraan tubuh dan manifestasi dari beberapa penyakit kritis, seperti diabetes dan HIV sering kali pertama terdeteksi dalam rongga mulut. Faktanya, sebagian besar penyakit sistemik memiliki manifestasi oral, termasuk sariawan, mulut kering dan masalah yang berhubungan dengan gusi.

Contoh, mulut kering kerap menjadi manifestasi dari diabetes dan kondisi autoimun tertentu dan sariawan adalah gejala umum dari HIV. Di sisi lain, kesehatan gigi yang buruk juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.



Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat atau menjaga kesehatan gigi dan yang tak kalah penting, mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk mendapatkan perbedaan di rongga mulut yang terlihat tepat waktu.

Apa yang penting untuk dipahami adalah bahwa gigi adalah bagian penting dari sistem kerangka dan perawatan yang tidak tepat serta pengabaian yang terus-menerus terhadap kebersihan mulut menyebabkan gigi berlubang dan bahkan dapat menyebabkan pelonggaran gigi dari soket gigi.

Menjaga kebersihan gigi sangat penting untuk mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi yang melemahkan dan menyakitkan dalam jangka panjang. Sementara, kebersihan mulut yang buruk bisa mencerminkan penampilan dan kepribadian seseorang. Bau mulut, gusi berdarah, gigi menguning, karang gigi dan plak merupakan tanda-tanda kebersihan mulut yang buruk.

Mempraktikkan kebersihan mulut yang baik melibatkan mengikuti proses sistematis untuk memastikan umur panjang struktur gigi, termasuk memastikan bahwa partikel makanan tidak menempel pada gigi untuk jangka waktu lama dan tidak ada penumpukan bakteri oral.

Seperti dilansir The Indian Express, Dr Sageer Azaz, HOD – Gigi dari Rumah Sakit Paras, Gurgaon menyarankan beberapa cara yang membantu menjaga kebersihan mulut yang baik. “Syukurlah, menjaga kebersihan mulut bukanlah tugas yang sulit. Sedikit ketekunan, kesadaran dan perhatian sudah cukup untuk menjaga rongga mulut Anda tetap sehat,” kata Sageer.

Lalu, bagaimana cara merawat gigi yang baik? Rutin menyikat gigi pagi-malam dengan flossing dan obat kumur biasa. Flossing di antara gigi menghilangkan plak gigi dan obat kumur membantu menjaga bakteri tetap terkendali.

Gunakan juga pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang dan membusuk. Kemudian, berkumur secara teratur dengan air garam juga membantu mengandung penumpukan bakteri mulut.

Bagi mereka yang memiliki gigi tiruan, kunjungan konstan ke dokter adalah suatu keharusan. Selain itu, hindari alkohol dan produk tembakau karena akan mempengaruhi komposisi dan penampilan gigi dan gusi.

Untuk penderita diabetes, lakukan upaya ekstra untuk mempertahankan kontrol penyakit karena akan mengurangi kemungkinan penyakit gusi dan gigi. Perhatikan juga obat-obatan yang dikonsumsi karena obat-obatan tertentu memengaruhi komposisi mulut. Namun, jika merasa ada perubahan tiba-tiba dalam rasa dan bau dari mulut, setelah menjaga kebersihan mulut, ada baiknya berkonsultasi ke dokter.



(AMM)

loading...