Arus Balik Lebaran, Warga Siapkan Surat Jalan dari Kampung

Selasa, 26 Mei 2020 - 15:15 WIB
loading...
Arus Balik Lebaran, Warga Siapkan Surat Jalan dari Kampung
Warga yang merayakan Lebaran Idul Fitri 1441 H di kampung halaman siap-siap kembali ke perantauan. FOTO/DOK.SINDOphoto
A A A
BLORA - Pergerakan arus balik menuju Ibu Kota Jakarta sudah mulai terlihat. Warga yang merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di kampung halaman siap-siap kembali ke perantauan.

Mereka pun disibukkan dengan beragam dokumen pribadi maupun perjalanan. Tak hanya itu, surat keterangan yang menyatakan sehat dan bebas dari COVID-19 mesti dikantongi, jika sewaktu-waktu dicek oleh petugas gabungan.

"Hari ini tadi sudah ada tujuh warga kami yang minta surat jalan. Mereka mau balik ke Bekasi dan sekitarnya," kata Kepala Desa Pengkoljagong, Kecamatan Doplang, Kabupaten Blora, Sugiyono, Selasa (26/5/2020).( )

Sejumlah warga juga mempersiapkan dokumen pendukung lain untuk menempuh perjalanan hingga Ibu Kota. Sehingga, jika terdapat pemeriksaan dari petugas di titik-titik check point mereka masih bisa melanjutkan perjalanan.

"Untuk surat jalan ini sebenarnya bukan persyaratan untuk SIKM (Surat Izin Keluar Masuk) wilayah. Tapi hanya untuk menerangkan mereka berangkat dari mana, dan tujuannya ke mana. Mereka tadi naik mobil pribadi, rombongan," katanya.

Menurutnya, terdapat sekitar 183 warga yang mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman. Mereka menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing. Kebanyakan pemudik merupakan pekerja di sektor informal dan sebagian lagi adalah korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Untuk yang tujuh orang ini mereka pulangnya kemarin sebelum Lebaran, karena ada saudara yang sakit keras di kampung. Mereka juga minta izin ke kita sebelum pulang kemarin. Jadi selama di rumah ya mereka di rumah terus, lalu hari ini balik ke tempat kerja," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3515 seconds (0.1#10.140)