alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mau Berbuka Puasa, Sajikan Saja Lodeh Tahu Udang!

Tedy Ahmad
Mau Berbuka Puasa, Sajikan Saja Lodeh Tahu Udang!
Lodeh Tahu Udang bisa menjadi pilihan menu berbuka atau sahur. Selain rasanya yang lezat, membuatnya pun cukup mudah. Foto/Instagram

JAKARTA - Biasanya, puasa hari pertama membuat sebagian orang malas untuk ke dapur, membuat hidangan untuk keluarga. Namun, penting juga dilakukan karena menyantap makanan sehat dan lezat dibutuhkan guna mendukung ibadah puasa Ramadhan.

Anda bisa membuat Lodeh Tahu Udang. Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara mengolahnya.

Bahan 1:
250 g tahu putih, potong dadu agak besar
200 g udang kupas



Bahan 2:
150 g buncis, potong 3 cm
5 buah cabe hijau, potong serong pendek
10 buah cabe rawit merah, utuh (buang kuntumnya)
10 buah pete, belah 2 bagian

Bahan 3:
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih

Bahan 4:
6 sdm minyak goreng
750 ml/ 3 gelas santan encer
1 saset Desaku Bubuk Lodeh
1½ sdt garam
1 sdm gula pasir
250 ml/ 1 gelas santan kental

Cara Membuat:
Rajang bawang putih dan bawang merah. Tumis bawang putih dengan 6 sdm minyak goreng hingga kekuningan. Masukkan bawang merah, tumis kembali hingga harum dan mulai kekuningan. Larutkan Desaku Bubuk Lodeh dengan santan encer, aduk hingga rata.

Masukkan larutan ke dalam tumisan dan masak hingga bumbu larut dan mengembang. Masukkan garam dan gula pasir, aduk rata hingga larut. Kecilkan nyala api, masukkan tahu, buncis, cabe hijau, cabe rawit merah, dan pete. Masak hingga cukup matang.

Kemudian, masukkan udang, masak hingga udang berubah warna. Setelah mendidih, masukkan santan kental, aduk perlahan hingga santan mulai mendidih kembali. Matikan api, angkat dan sajikan selagi hangat.



(mif)