alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Penganut Islam Aboge di Banyumas Baru Puasa Ramadhan Besok

Saladin Ayyubi
Penganut Islam Aboge di Banyumas Baru Puasa Ramadhan Besok
Masjid yang dipakai penganut aliran Islam Aboge untuk salat taraweh malam hari nanti. Foto/iNews/Saladin Ayyubi

BANYUMAS - Tanggal 1 Ramadhan yang telah ditetapkan pemerintah jatuh pada Senin (6/5/2019) hari ini ternyata belum berlaku bagi sejumlah warga penganut aliran Islam Aboge di Banyumas. Mereka baru akan melaksanakan ibadah puasa Selasa (7/5/2019) besok sesuai perhitungan Jawa yaitu Selasa Paing.
 
Sejumlah warga di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas yang menganut aliran Islam Alif Rebo Wage atau Aboge hari ini masih melakukan aktivitas seperti sebelumnya. Mereka masih memasak dan sarapan pagi.

"Bagi sebagian warga Desa Kracak yang menganut aliran Aboge, jatuhnya awal puasa selalu selisih satu hari dari 1 Ramadhan yang ditetapkan pemerintah," kata Jamang, warga Desa Kracak yang juga penganut Islam Aboge, Senin (6/5/2019).    

Menurutnya, penentuan awal Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri berdasarkan perhitungan nenek moyang secara turun temurun. Mereka menghitung berdasarkan hari pasaran, bulan, dan tahun Jawa. Aboge adalah singkatan dari Alif Rebo Wage. Alif merujuk pada huruf pertama dalam huruf Arab, sedangkan Rebo Wage adalah hitungan pasaran dalam kalender Jawa.



Sementara untuk salat taraweh, warga Desa Kracak penganut aliran Islam Aboge juga baru akan melakukannya nanti malam setelah salat isya. Hari ini penganut Aboge sudah mulai membersihkan dan mengecat masjid sebagai persiapan taraweh pertama.

Biasanya sebagian besar penganut aliran Islam Aboge di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang ini akan melakukan saat taraweh di beberapa musala yang telah ditentukan.



(AMM)

loading...