Terbanyak di Indonesia, 5,6 Juta Orang Bakal Mudik ke Jawa Tengah

Senin, 06 Mei 2019 - 00:00 WIB
Terbanyak di Indonesia, 5,6 Juta Orang Bakal Mudik ke Jawa Tengah
Jumlah pemudik yang bakal masuk ke Jawa Tengah diperkirakan mencapai 5,6 juta orang. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOphoto
A A A
SEMARANG - Jumlah pemudik yang bakal masuk ke Jawa Tengah diperkirakan mencapai 5,6 juta orang. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak menjadi tujuan pemudik dibanding provinsi-provinsi lain di Tanah Air.

Kementerian Perhubungan mencatat, pada tahun ini total pemudik sebanyak 14 juta dari Jabodetabek. Dari jumlah tersebut sebanyak 5,6 juta berasal dari Jawa Tengah. Program mudik gratis pun disiapkan untuk membantu warga pulang ke kampung ke kampung halaman.

"Mudik tahun 2019 ini Kemenhub menyiapkan 1.300 bus, di antaranya akan mengantarkan 56 ribu orang ke-32 kota ke Jateng. Sisanya ke Jatim, Lampung dan Padang," kata Menteri Perhubungan Budi Karya saat rapat persiapan mudik, di Gedung Gradhika Kompleks Perkantoran Gubernur Jawa Tengah Jalan Pahlawan, Semarang, Minggu (5/5/2019).

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga menyediakan program mudik gratis dari Jakarta ke tiga titik padat pemudik, yakni Banyumas, Solo dan Semarang. Ada pula tiga rangkaian kereta berkapasitas 6.000 orang, kapal berkapasitas 2.000 orang dan kendaraan bermotor serta lebih dari seribu bus. Untuk Pemprov Jateng menyediakan 207 bus, tiga rangkaian kereta serta kapal.

"Mudah-mudahan bisa kita lakukan, sehingga mudik melahirkan suasana yang menggembirakan," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Untuk pendaftaran mudik gratis tersebut, cukup menunjukkan KTP di Kantor Perwakilan Jateng di Jalan Prapanca II Nomor 11 Jakarta Selatan. Program mudik gratis itu telah dibuka sejak 24 April sampai kuota terpenuhi.

Dalam rapat yang berlangsung sekitar 2,5 jam tersebut juga dihadiri Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko A Dahniel, Wakapolda Yogyakarta Bimo Anggoro Seno serta Kapolres dan Kepala Dinas Perhubungan se-Jawa Tengah. Ada tiga poin penting dalam rapat persiapan mudik untuk wilayah Jateng-DIY tersebut, yakni terkait lalu lintas, infrastruktur, serta pelayanan mudik gratis.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0531 seconds (0.1#10.140)