Tundukkan Newcastle, Liverpool Jaga Peluang Juara Liga Inggris

Minggu, 05 Mei 2019 - 07:10 WIB
Tundukkan Newcastle, Liverpool Jaga Peluang Juara Liga Inggris
Liverpool menjaga peluang menjadi juara Liga Primer Inggris setelah menumbangkan Newcastle. Foto/REUTERS
A A A
NEWCASTLE - Liverpool kembali menjaga peluang menjadi juara Liga Primer Inggris. Kepastian diperoleh setelah The Reds berhasil memetik angka krusial saat mengalahkan Newcastle United, Minggu (5/5/2019) dinihari di St James Park.

Tambahan tiga angka membuat tim asuhan Juergen Klopp kembali mengudeta Manchester City di puncak klasemen dengan torehan 94 angka atau selisih dua poin City. Liverpool kini berharap City kalah dari Leicester City pada 7 Mei nanti. Jika skenario ini terjadi, di atas kertas peluang Liverpool mencetak sejarah yang sudah dinantikan 29 tahun lalu bisa tercapai.

Sementara itu mengenai jalannya pertandingan, anak asuh Juergen Klopp langsung menekan pertahanan Newcastle. Namun ketatnya penjagaan yang dilakukan pemain tuan rumah membuat serangan The Reds bisa dipatahkan. Rafael Benitez sepertinya memberikan instruksi pada anak asuhnya untuk menempel ketat pemain Liverpool sehingga tak mudah menguasai bola.

Sampai 10 menit laga berlangsung, aksi Sadio Mane dan Mohamed Salah belum berhasil menembus ketatnya pertahanan The Magpies. Di sisi lain, para pemain Newcastle tak mau terburu-buru untuk melakukan serangan balik.

Liverpool nyaris membuka skor kalau saja Salah dan Daniel Sturridge tak berebut umpan silang Andy Robertson. Salah yang mendapatkan umpan, gagal memanfaatkannya setelah sepakannya masih melambung di sisi gawang Martin Dubravka.

Serbuan terus dilancarkan Liverpool. Hasil positif diperoleh di menit 13 setelah Virgil van Dijk memanfaatkan tendakan sudut yang dilakukan Trent Alexander-Arnold. Tanpa ampun, tandukannya bisa memperdaya Dubravka.

Sayangnya keunggulan ini tak bisa dipertahankan Liverpool. Tujuh menit berselang Newcastle bisa menyamakan kedudukan melalui Christian Atsu yang bisa menuntaskan kemelut di muka gawang Liverpool. Atsu mendapatkan bola muntah setelah tendangan Salomon Rondon bisa diblok van Dijk.

Gol penyeimbang tersebut ternyata membuat pemain Newcastle lebih percaya diri. Mereka mulai berani menyerang dan memberikan tekanan pada tim tamu.

Terbukanya permainan membuat pemain Liverpool lebih leluasa mengeksplore pertahanan Newcastle. Salah pun akhirnya bisa menambah tambahan golnya di pentas liga setelah memanfaatkan umpan Trent Alexander-Arnold .

Gol ini adalah gol ke-100 Salah selama berkarier di Eropa. Di Inggris, Salah sudah mencetak 56 gol, sedangkan di Serie A, pemain Mesir ini mengemas 35 gol. Sembilan gol lainnya dibuat Salah ketika tampil di Liga Super Swiss bersama Basel.

Setelah tertinggal di babak pertama, Newcastle mencoba bangkit di paruh kedua. Mereka yang tak mau dipermalukan di depan publik sendiri mendapatkan momen emas dan bisa diselesaikan oleh Salomon Randon di menit 54.

Skor imbang ini membuat laga makin terbuka, terutama Liverpool yang memburu tiga angka. Gol yang ditunggu Liverpool akhirnya datang juga lewat Divock Origi. Pemain yang masuk di menit 73 untuk menggantikan Salah, sukses meneruskan umpan Xherdan Shaqiri di menit 86. Sampai peluit panjang skor 3-2 buat Liverpool tidak berubah.

Susunan Pemain
Newcastle United (5-4-1)
Martin Dubravka, Javi Manquillo, Fabian Schar, Jamaal Lascelles, Paul Dummett, Matt Ritchie, Ayoze Perez, Ki Sung-yueng, Isaac Hayden, Christian Atsu, Salomon Rondon
Cadangan : Jonjo Shelvey, Mohamed Diame, Yoshinori Muto, Kenedy, Federico Fernandez, Antonio Barreca, Karl Darlow
Pelatih : Rafael Benitez

Liverpool (4-3-3)
Alisson, Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil Van Dijk, Andy Robertson, Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum, Mohamed Salah, Daniel Sturridge, Sadio Mane
Cadangan : James Milner, Joe Gomez, Alex Oxlade-Chamberlain, Simon Mignolet, Xherdan Shaqiri, Divock Origi, Joel Matip
Pelatih : Juergen Klopp
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4035 seconds (0.1#10.140)