Citilink dan Batik Air Siap Layani Penerbangan di Bandara Baru Yogya

Sabtu, 04 Mei 2019 - 17:07 WIB
Citilink dan Batik Air Siap Layani Penerbangan di Bandara Baru Yogya
Kunjungan Wapres JK dan Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara YIA Kulonprogo. Foto/iNews.id/Kuntadi
A A A
KULONRPOGO - Dua maskapai penerbangan domestik akan melayani rute penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA). Keduanya yakni Citilink dan Batik Air.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, sebenarnya sudah ada tiga maskapai penerbangan yang akan melayani rute di YIA. Namun satu maskapai lagi, Lion Air masih menunggu kepastian.

"Citilink akan mengawali penerbangan mulai Senin (6/5/2019), sedangkan Batik Air pada 10 Mei," kata Budi Karya di sela mendampingi kunjungan Wapres Jusuf Kalla di Bandara YIA Kulonprogo, DIY, Sabtu (4/5/2019).

Citilink dengan rute Halim Perdanakusuma (Jakarta)-YIA. Sedangkan Batik Air akan melayani rute penerbangan Jakarta-YIA-Denpasar. Dua slot penerbangan ini, dipastikan akan mengawali rute di bandara YIA.

"Kita berikan kebebasan kepada maskapai untuk memilih rute, kita tinggal mengarahkan saja," ujar dia.

Pada masa Lebaran nanti, Bandara Adisutjipto diperkirakan sangat padat. Nantinya akan ada penambahan penerbangan (esktra flight) di Adisutjipto yang akan diarahkan ke Bandara YIA Kulonprogo.

Hal ini akan menjadi kesempatan kepada maskapai untuk mencoba rute terbaru ini. Sehingga nantinya diharapkan akan ada banyak rute penerbangan di YIA. "Slot ini akan banyak membantu pergerakan (arus mudik) dari Jakarta ke Jawa bagian selatan," ujar dia.

Untuk penerbangan internasional, masih menunggu kepastian dari maskapai. Mereka membutuhkan sekitar dua minggu untuk mengurus dokumen-dokumen terkait izin operasi rute di YIA.

Sedangkan untuk izin slot di tingkat kementerian, hal itu sudah dibahasnya bersama Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9701 seconds (0.1#10.140)