Wapres JK Cek Kesiapan Bandara Baru Yogyakarta Sebelum Beroperasi

Sabtu, 04 Mei 2019 - 12:15 WIB
Wapres JK Cek Kesiapan Bandara Baru Yogyakarta Sebelum Beroperasi
Wapres JK saat meninjau fasilitas sarana dan prasarana di Bandara YIA Kulonprogo. Foto/iNews.id/Kuntadi
A A A
KULONRPOGO - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengunjungi Bandara International Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) yang terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, DIY, Sabtu (4/5/2019). Kunjungan ini untuk mengecek kesiapan bandara sebelum beroperasi pada Senin (6/5/2019).

Wapres tiba di Bandara YIA menggunakan pesawat kepresidenan, didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, dan jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Rombongan tiba sekitar pukul 08.15 WIB setelah bertolak dari Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Rombongan wapres disambut oleh gubernur DIY Sri Sultan Hemengku Buwono (HB) X, Bupati Kulonprogo Hasto Wasdoyo, dan sejumlah pejabat dari PT Angkasa Pura I. Begitu tiba di terminal, JK langsung melihat fasilitas Bandara YIA. Kemudian mengecek kondisi ruang tunggu penumpang dan sarana lainnya.

"Ini sangat membanggakan, bagus dan cepat," kata Jusuf Kalla ketika dimintai komentarnya mengenai Bandara YIA.

Menurutnya, YIA ini akan menjadi bandara paling modern di Indonesia. Baru 60% progress pembangunan saja semuanya sudah bagus. Begitu juga dengan fasilitas pendukungnya. Apalagi landasan pacu (runway).

"Mulus ya, terasa kalau runway-nya bagus. Mulus," ujar JK.

Keberadaan bandara YIA, kata JK, diharapkan bisa memajukan perekonomian masyarakat di Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan. Terkait akses pendukung bagi penumpang dari berbagai daerah, kata JK, yakni dengan perbaikan jalan raya dan jalur kereta.

"Nanti prasarana dibuat dengan baik, termasuk kereta, jalan raya, tapi bukan jalan tol supaya rakyat bisa menjual barang-barangnya," katanya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, apa yang disampaikan Wapres JK akan memacu Kemenhub dan instansi terkait untuk bisa bekerja lebih baik lagi. Apalagi mulai Senin (6/5/2019) Citilink akan resmi membuka penerbangan komersial. Begitu juga Lion Air dan Batik Air pada 10 Mei nanti.

"Kita mengusulkan kepada Presiden pada tanggal belasan di Mei ini bandara bisa diresmikan," ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2340 seconds (0.1#10.140)