Rekapitulasi Hasil Pemilu Selesai, Jokowi Raih 74% Suara di Banyumas

Sabtu, 04 Mei 2019 - 11:43 WIB
Rekapitulasi Hasil Pemilu Selesai, Jokowi Raih 74% Suara di Banyumas
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Maruf Amin meraih 74% suara di Kabupaten Banyumas. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
BANYUMAS - Rekapitulasi hasil Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Banyumas yang dilakukan secara marathon sejak 29 April lalu, akhirnya selesai, Sabtu (4/5/2019) pagi. Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-KH Maruf Amin meraih 790.150 suara atau setara 74% lebih. Sementara capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno hanya mendapatkan 274.618 suara atau 25% lebih.

Rapat pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2019 yang digelar di kantor KPU Banyumas dihadiri para komisoner KPU, Forkompimda, tokoh masyarakat, dan perwakilan partai politik. Dalam kegiatan itu, juga digelar doa bersama untuk para pahlawan demokrasi yang meninggal dunia dan sakit saat bertugas dalam pemilu serentak 17 April lalu.

Untuk diketahui, selama gelaran Pemilu 2019, sebanyak 7 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Kabupaten Banyumas meninggal dunia . Selain itu, 44 petugas lainnya sakit, dan 9 di antaranya hingga kini masih dirawat dan dua lainnya mengalami keguguran karena kelelahan.

Saksi pasangan capres-cawapres 02, Chaerul Anwar sempat melakukan interupsi dalam rapat ini karena pengiriman rekapitulasi suara di Kecamatan Sumbang tidak dimasukan ke dalam amplop.

"Semestinya hasil rekapitulasi suara dimasukan ke dalam amplop," katanya. Meski demikian, saksi dan tim dari capres 02 tetap menerima hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Banyumas.

Sementara itu, Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi mengatakan, dalam rapat pleno ini seluruh rekapitulasi suara, baik pilpres maupun pileg telah selesai dilaksanakan. “Meski sempat diwarnai protes dari saksi capres 02, tapi rapat tetap bisa berjalan dengan baik,” katanya.

KPU Banyumas menyatakan prihatin atas meninggalnya 7 petugas KPPS dan 44 orang lainnya sakit. Bahkan hingga kini 9 di antaranya masih dirawat dan 2 orang lagi mengalami keguguran karena kelelahan.

Pascapenghitungan rekapitulasi selesai, seluruh saksi kemudian menyatakan setuju dan menerima hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Banyumas. Rekapitulasi ini nantinya akan langsung dikirim ke KPU Provinsi Jawa Tengah.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5660 seconds (0.1#10.140)