alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Temukan 73.715 Kesalahan, Tim Prabowo Minta Situng KPU Disetop

Rico Afrido Simanjuntak
Temukan 73.715 Kesalahan, Tim Prabowo Minta Situng KPU Disetop
Kubu Prabowo-Sandi melaporkan banyaknya kesalahan input data suara pemilih ke aplikasi Situng KPU. Ilustrasi/SINDOnews

JAKARTA - Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meminta input data ke Sistem Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) distop. Pasalnya mereka menemukan 73.715 kesalahan input data suara pemilih atau sebesar 15.4 persen dari total 477.021 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah di-input.

Kesalahan input itu telah dilaporkan Relawan IT Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jumat (3/5/2019).

Sekretaris Relawan IT BPN Prabowo-Sandi, Dian Islamiati Fatwa meminta Bawaslu segera menghentikan Situng KPU dan melakukan audit forensik teknologi informasi secara independen.



“Faktanya sangat mengerikan. Bukti-bukti yang ada menunjukkan KPU bertindak sangat tidak profesional. Sangat menyesatkan publik. Apalagi Situng ini ditayangkan di sejumlah stasiun televisi,” tuturnya.

Menurut dia, kesalahan input data dan menghilangkan hak suara pemilih bisa berujung pidana. “KPU harus segera menghentikan proses Situng dan penanyangannya, tanpa harus menunggu keputusan Bawaslu," paparnya.



(nun)

loading...