Kapolda Baru Jateng Sosok yang Turut Melumpuhkan Teroris Dr Azahari

Jum'at, 03 Mei 2019 - 07:42 WIB
Kapolda Baru Jateng Sosok yang Turut Melumpuhkan Teroris Dr Azahari
Pergantian Kapolda Jateng. IST
A A A
SEMARANG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah memiliki pemimpin baru yang dikenal sangat mumpuni dalam berbagai bidang. Sebelum dilantik oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kapolda baru Jateng sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol).

Dia adalah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Dilansir dari laman Wikipedia, pria kelahiran Bogor, Jawa Barat, 14 Agustus 1966 itu meraih Adhi Makayasa atau lulusan terbaik Akpol 1988 dan berpengalaman dalam bidang reserse.

Rycko termasuk polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Bareskrim, yang melumpuhkan teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, 9 November 2005. Dia mendapat penghargaan dari Kapolri saat itu, Jenderal Pol Sutanto bersama para sejawatnya yakni Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, serta Idham Azis, dan kawan-kawan.

"Kita semua patut bersyukur bahwa pengganti saya sebagai Kapolda Jawa Tengah merupakan sosok pimpinan yang kita banggakan bersama, baik dari segi intelektual, emosional, maupun spiritual," ujar Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarhakam) Polri Irjen Pol Condro Kirono, Kamis (2/5/2019).

"Saya menilai beliau merupakan figur yang andal yang akan dapat melanjutkan estafet kepemimpinan di Polda Jawa Tengah," lugas dia saat Farewell Parade Kapolda Jateng.

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyampaikan apresiasi kepada Irjen Pol Condro Kirono yang dinilai sukses menjamin keamanan di Jawa Tengah. Sebab, selama ini tidak terjadi konflik keamanan yang berarti.

"Mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono yang telah memimpin tiga tahun dua bulan dalam kurun waktu yang cukup panjang, dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat di Jawa Tengah di jajaran seluruh Polda," terang mantan Kapolda Sumut tersebut.

"Beliau telah berhasil dengan gemilang menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Polda Jawa Tengah. Seluruh masyarakat merasakan ketenteraman, bisa beraktivitas dengan baik. Ini tentunya suatu pencapaian yang luar biasa dan patut dibanggakan," tukas dia.

Rycko juga meminta dukungan seluruh jajaran untuk terus melakukan tugas kepolisian dengan baik dan bertanggung jawab. Termasuk melanjutkan capaian program Kapolda sebelumnya yang telah berjalan selama ini.

"Kita berdoa sama-sama, bekerja dalam satu sistem Kepolisian Daerah Jawa Tengah. Saling mendukung, saling memperkuat, saling melingkupi, saling menghidupi, tidak ada satupun yang tertinggal. Semuanya masuk dalam barisan, berpegangan erat untuk melindungi, untuk melayani, mengayomi masyarakat di seluruh Jawa Tengah dan menegakkan hukum dengan lurus dan seadil-adilnya," tegas dia.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.1148 seconds (0.1#10.140)