Sosok Chunchun Meares, Anak Ponorogo yang Jadi Perwira AL AS

Rabu, 01 Mei 2019 - 21:58 WIB
Sosok Chunchun Meares, Anak Ponorogo yang Jadi Perwira AL AS
Meares mengatakan, pada usia 13 dia dan kedua orang tuanya berpindah ke AS dan saat ini dia sudah menjadi warga negara Negeri Paman Sam itu. Foto/Victor Maulana/Sindonews
A A A
JAKARTA - Kehadiran USS Blue Ridge ke Jakarta, menjadi kunjungan yang spesial untuk Chunchun Meares. Pasalnya, ini kali pertama dia melakukan kunjungan resmi pertama ke Jakarta sebagai anggota Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).

Meares adalah anak Indonesia, yang lahir di Ponorogo. Meares mengatakan, pada usia 13 dia dan kedua orang tuanya berpindah ke AS dan saat ini dia sudah menjadi warga negara Negeri Paman Sam itu.

Ditanya apakah sulit bagi seorang anak keturunan atau imigran untuk menjadi anggota AL AS. Pria yang saat ini berpangkat Letnan Dua ini mengatakan, itu tidak sulit selama orang itu sudah menjadi warga AS dan mendaftarkan diri.

Ketika disinggung apakah dia sering berkunjung ke Indonesia, Meares mengaku dia beberapa kali berkunjung ke Indonesi dalam rangka liburan, tapi dalam rangka tugas, ini adalah pengalaman pertama baginya.

"Istri saya adalah orang Indonesia, dia berasal dari Banda Aceh, ya jadi saya cukup sering mengunjungi Indonesia. Ini pertama kali bagi saya (dalam rangka tugas), ini benar-benar emosional, ini sesuatu yang akan saya ingat," ucapnya pada Rabu (1/5).

Lalu, ketika ditanya adakah warga keturunan atau imigran asal Indonesia lainnya yang menjadi anggota AL AS, Maeres menuturkan, sejauh ini hanya dia satu-satunya. "Saya pernah bertemu dengan beberapa tamtama, tapi sebagai perwira, hanya saya satu-satunya," unngkapnya.

Kedatangan USS Blue Ridge ini sendiri adalah bagian dari peringatan 70 tahun hubungan AS dan Indonesia. Panglima Armada ke-7 AL AS, Laksamana Madya Pihilip G. Sawyer menuturkan, pihaknya datang ke Jakarta juga untuk melakukan petemuan dengan TNI AL.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6776 seconds (0.1#10.140)