Lapas Cebongan Sleman Tiadakan Kunjungan Keluarga saat Lebaran

Minggu, 24 Mei 2020 - 20:30 WIB
loading...
Lapas Cebongan Sleman Tiadakan Kunjungan Keluarga saat Lebaran
Lapas Cebongan Sleman menyedikan fasilitas video call bagi warga binaan sebagai penganti kunjungan keluarga saat Lebaran 1441 H di ruang besuk Lapas Cebongan, Sleman. Foto/Dok Lapas Cebongan
A A A
SLEMAN - Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Kelas II B Cebongan Sleman meniadakan kunjungan keluarga warga binaan, saat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Kebijakan ini untuk menjaga warga binaan dari virus corona ( COVID-19) . Sebagai gantinya, lapas menyediakan fasilitasi layanan video call untuk menghubungi anggota keluarga warga binaan di ruang besuk.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II B Cebongan, Sleman, Gunarto mengatakan, ada lima alat video call yang dipasang di ruang kunjungan Lapas Cebongan. Fasilitas video call ini mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB. Namun setiap warga binaan dibatasi memakai video call maksimal 15 menit.

"Karena ini sudah disosialisasikan, maka tidak ada warga binaan yang protes. Warga binaan justru menyambut positif adanya fasilitas video call, sebab sangat membantu mereka yang keluarganya jauh dan jarang dijenguk," katanya, Minggu (14/5/2020).( )

Gunarto menjelaskan, mekanisme pengunaan fasilitas video call, warga binaan mendaftar ke petugas di setiap blok hunian atau wisma masing-masing. Selanjutnya petugas akan mengatur jadwal video call warga binaan kepada keluarganya sesuai dengan nomor urut pendaftaran per blok hunian.

"Selama kegiatan vdeo call, tetap akan ada pengawasan dari petugas pengamanan lapas," katanya.

Lapas Cebongan saat ini dihuni 214 warga binaan (146 napi dan 68 tahanan). Waktu kunjungan Senin-Kamis mulai pukul 08.00-12.45 WIB. Senin-Rabu bagi tahanan, Selasa-Kamis bagi napi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)