Roadshow Minat dan Budaya Baca, Gairahkan Budaya Membaca

Selasa, 30 April 2019 - 08:08 WIB
Roadshow Minat dan Budaya Baca, Gairahkan Budaya Membaca
Sleman Gelar Roadshow Minat dan Budaya Baca. Ilustrasi
A A A
SLEMAN - Pemkab Sleman menggelar roadshow minat dan budaya baca di Sleman, Senin (29/4/2019). Selain untuk sosialiasi pengembangan dan pemberdayaan perpustakaan, kegiatan tersebut juga sebagai gerakan gemar membaca serta memperlas wawasan dan pengetahuan. bagi masyarakat Sleman.

Kegiatan roadshow ini diikuti 250 peserta yang terdiri dari unsur organisasi perangkat daerah (OPD) Sleman, perpustakaan sekolah, perpustakaan desa dan komunitas, pelajar, mahasiswa, organisasi profesi, organisasi masyarakat, pegiat literasi, budayawan dan sejarawan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sleman, Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri mengatakan sosialisasi pengembangan perpustakaan dan gerakan gemar membaca ini penting.

Sebab dari hasil kajian minat baca warga Sleman, terutama diusia produktif (5-60 tahun) masih dibilang belum baik, yaitu berada di 0.51%. Dimana dengan prosentase ini perlu kerja keras untuk bisa terus meningkatkan minat dan budaya baca di Sleman.

“Mudah mudahan kegiatan ini menyemangati kita untuk bisa melakukan hal yang paling sederhana melakukan membaca dari unit paling kecil yaitu keluarga,” kata Ayu.

Wakil bupati Sleman, Sri Muslimatun mengatakan gerakan gemar membaca ini perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak. Apalagi adanya kemajuan teknologi saat ini telah menggerus minat baca generasi milenial. Untuk itu perlu langkah yang bijak, agar tidak menimbulkan efek negatif.

“Karena itu langkah DPK Sleman dengan meluncurkan e-book. yang dapat diakses melalui ponsel sehingga pengguna bisa mendapatkan berbagai e-book dengan mudah, cepat dan terjangkau harus mendapat dukungan dari berbagai pihak,” paparnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5625 seconds (0.1#10.140)